Jalan Utama Kota Pontianak Terendam Rob

Banjir Rob
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Naiknya air laut ke permukaan (banjir rob), menyebabkan sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Pontianak  Kalimantan Barat terendam. Di beberapa titik ketinggian air bahkan sampai ketinggian sampai 200 centimeter.

Terlihat jelas, sejumlah jalan utama di Ibu Kota Provinsi Kalbar itu tergenang air. Yakni jalan Ahmad Yani, Tanjungpura, Imam Bonjol, Adi Sucipto, Sui Raya Dalam, Gajah Mada, Veteran, Hijas. Tak ayal, sejumlah kendaraan roda dua maupun roda empat memperlambat laju kendaraannya. 

“Mobil saya  mogok akibat banjir rob ini. Tadi saya masuk ke jalan Tanjungpura langsung mati. Airnya masuk ke dalam mesin,”kata Hardiansyah, kepada VIVAnews.com, Minggu 25 November 2011, di Pontianak.

Selain menggenangi sejumlah ruas jalan utama di Pontianak, banjir rob ini juga masuk ke pemukiman warga setempat. Ketinggian air itu, menurut salah satu warga Kota Pontianak, Mardin (55) diakibatkan naiknya permukaan air laut beberapa hari terakhir.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

"Ini di rumah saya air sudah masuk ke dalam. Tadi sekitar jam 05.00 WIB air itu masuk sedikit-sedikit, sekarang malah makin tinggi. Saya juga mulai berkemas, barang dipindahkan ketempat yang aman, ”kata Mardin.

Pantauan VIVAnews.com, di pasar tradisional Flamboyan Kota Pontianak, air mulai menggenangi sejak pagi ini. Sejumlah warga harus menaikan celananya supaya tidak terkena air pasang laut tersebut.

“Aneh juga kenapa air bisa pasang, padahal tadi malam hanya hujan gerimis aja. Susah juga nih, kalau terus-terusan air pasang. Tapi, mau gimana lagi, saya kan harus belanja juga untuk memenuhi kebutuhan warung saya di rumah, “ ujar Ani, ketika ditemui di pusat perbelanjaan pasar tradisional Flamboyan Pontianak.

Banjir rob yang terjadi Pontianak ini, kata Ani, memang sudah menjadi langganan pada musim bulan Desember hingga Februari tahun depan. Ketinggian air bisa melebihi selutut orang dewasa. “Biasanya air itu bisa melebihi selutut orang dewasa, kalau banjir rob mulai menggenangi”. (eh)

Laporan : Aceng Mukaram | Kota Pontianak

Toyota Land Cruiser 250

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Toyota kembali menghadirkan mobil off-road legenda mereka, Land Cruiser.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024