"Ratu Mariyuana" Corby Dapat Remisi Natal

Schapelle Leigh Corby ditemani sipir LP Kerobokan
Sumber :
  • VIVAnews/Wima Saraswati

VIVAnews - Natal membawa berkah untuk Schapelle Leigh Corby dan Rene Lawrence. Dua terpidana kasus narkoba asal Australia itu mendapat remisi di hari Natal.

Tahun ini merupakan kelima kalinya remisi diberikan kepada Corby, "Ratu Mariyuana", sejak ia mendekam di LP Kelas II A Kerobokan Denpasar. "Ini tahun kelima Corby menerima remisi. Ini tentu merupakan kado Natal bagi dia," kata Kalapas Kelas II A Kerobokan, Bali, Siswanto, Minggu 25 Desember 2011.

Pada Natal kali ini, Corby yang selalu diburu awak media itu dapat 'kortingan' hukuman 1 bulan 15 hari.  Ini berbeda dengan tahun lalu, ketika Corby tak mendapat remisi lantaran kedapatan membawa handphone di dalam tahanan.

Sementara Rene Lawrance, anggota "Bali Nine" yang tersangkut kasus penyelundupan 8,2 kilogram heroin, mendapat kortingan dua bulan masa tahanan.

Selain mereka berdua, masih ada dua warga negaara asing lain yang juga mendapat remisi. Mereka di antaranya Peter asal Jerman yang terlibat kasus narkoba, dan Garcia Marck Patric mendapat kortingan 1 bulan kurungan.

"Di sini ada 56 warga asing yang menjadi binaan. Tapi dari jumlah itu hanya empat orang yang mendapat remisi," terang Siswanto.

Pada kesempatan itu, Siswanto mengaku Lapas Kerobokan juga memberikan remisi kepada 53 napi lainnya yang beragama Kristiani. Dari 195 napi beragama kristiani, diusulkan 53 napi untuk mendapat remisi RK I terkait PP No 28 dan terkait pidana umum.

Dari usulan Remisi RK I terkait PP 28, akhirnya pemerintah mengabulkan remisi kepada 20 orang. Adapun rinciannya, remisi RK 1 berupa pengurangan 2 bulan sebanyak 1 orang. Remisi 1 bulan 15 hari 2 orang, 1 bulan 17 orang.

Sementara remisi RK I terkait pidana umum diberikan kepada 33 orang. Rinciannya, 1 bulan 15 hari 1 orang, 1 bulan 13 orang dan 15 hari 19 orang napi. "Untuk remisi Natal tahun ini tidak ada yang langsung bebas," ujar Siswanto.

Usai mendapatkan remisi semua warga binaan yang beragama Kristiani langsung melakukan upacara kebaktian di ruang aula.

Sebelumnya, pada malam misa Sabtu 24 Desember 2011, juga digelar perayaan dengan doa Misa Natal yang dipimpin terpidana mati anggota "Bali Nine" Andrew Chan. (eh)

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024