Bali Peringatkan Potensi Tato Sebarkan HIV

Konvensi Tato Internasional di London
Sumber :
  • REUTERS/ Luke MacGregor

VIVAnews - Seorang turis asal Australia  terinfeksi virus HIV pasca ditato saat berlibur di Pulau Bali. Departemen Kesehatan West Australia dalam situsnya pun mengeluarkan peringatan, agar turis berhati-hati.

Seperti dimuat Brisbane Times, Direktur Pengendalian Penyakit Menular, Paul Armstrong, mengatakan, tidak direkomendasikan menato badan atau menindik di luar negeri, terutama di negara berkembang.

Dia menambahkan, warga Australia yang baru saja menato tubuhnya di Bali diharapkan berkonsultasi dengan dokter dan mempertimbangkan tes HIV dan tes penyakit lain yang berpotensi menular melalui darah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Nyoman Sutedja, mengaku sudah mendengar kasus penularan HIV terhadap wisatawan asal Australia. Atas hal itu, ia mengaku prihatin lantaran kasus itu masih terjadi. Padahal, katanya, Dinas Kesehatan rutin melakukan sosialisasi cara penularan penyakit yang belum ditemukan obatnya tersebut.

"Saya juga dapat laporan sejak dua hari lalu dari Jakarta, katanya seperti itu. Kami sendiri sudah menyampaikan sosialisasi kepada semua pihak agar selalu berhati-hati terhadap risiko penularan penyakit itu kepada kafe-kafe, tempat tato dan lainnya," jelas Sutedja melalui saluran telepon kepada VIVAnews.com, Senin 26 Desember 2011.

Gencarnya sosialisasi, tutur Sutedja, paling utama dilakukan kepada studio tato karena menggunakan sarana jarum yang paling mudah menularkan virus HIV. "Maka kami gencarkan sosialisasi penularan penyakit ini," kata dia.

Apalagi, paparnya, perkembangan kasus HIV di Bali sangat luar biasa. Bagi mereka yang tertular, selama empat tahun tak tampak terinfeksi penyakit ini. "Kami akan cek lagi lebih jauh kasus ini dan akan gencarkan sosialisasi terhadap hal ini," imbuh Sutedja.

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024