Instruksi Kapolri untuk Penanganan Rusuh Bima

Massa bentrok di Bima, NTB
Sumber :
  • ANTARA/Rinby

VIVAnews - Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo mengunjungi Bima, Nusa Tenggara Barat terkait kerusuhan pembubaran blokade Pelabuhan Sape yang menewaskan dua warga. Dalam kunjungan ini, Timur memberikan sejumlah istruksi kepada aparat di NTB.

"Beliau berpesan agar masyarakat tetap jernih dalam memandang situasi paska bentrok atau kerusuhan," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution saat berbincang dengan VIVAnews.com, Selasa 27 Desember 2011.

Tak hanya itu, Timur juga mengintruksikan agar permasalahan ditangani secara profesional dan menggunakan pendekatan persuasif. "Jika ada permasalahan (hukum) akan diproses secara hukum hingga tuntas," kata Saud.

Menurut dia, Timur juga telah memberikan perintah untuk mengusut anggotanya secara hukum. "Apabila ada penyimpangan pidana akan kita proses secara pidana, profesi secara profesi dan disiplin secara disiplin," katanya.

"Kita akan menyelesaikan persoalan Bima itu secara transparan, supaya ada keseimbangan. Hal itu juga agar tidak ada kesan, kita (polisi) membela diri, karena ada keterlibatan anggota."

Lantas, apa yang dilakukan Kapolri dalam kunjungan kali ini? "Intinya, Bapak Kapolri menemui tokoh dan masyarakat Bima, beliau berdialog dengan mereka."

Polisi membubarkan paksa blokade Pelabuhan Sape, Bima yang dilakukan warga pada Sabtu, 24 Desember 2011. Dua tewas dalam kejadiaan tersebut. Sementara 47 lainnya ditetapkan sebagai tersangka. (umi0

Lucu Jika Kubu 01 dan 03 Gabung ke Prabowo, Pakar: Haram Hukumnya, Mereka kan Nuduh Curang
Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

PSSI resmi memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu akan menangani Timnas Indonesia hingga 2027 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024