Banjir Lahar Terjang Kaki Gunung Gamalama

Banjir lahar dingin Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Hujan deras yang mengguyur Kota Ternate, Provinsi Maluku selama lebih dari tiga jam memicu banjir lahar dingin dari sisa material vulkanik Gunung Gamalama, Selasa 27 Desember 2011 malam.

Banjir yang menerjang kaki Gunung Gamalama mengakibatkan puluhan rumah rata dengan tanah, lainnya mengalami rusak berat. Sejumlah warga luka-luka, bahkan dikabarkan ada korban jiwa dalam insiden ini, namun informasi tersebut masih simpang siur.

Informasi yang dihimpun VIVAnews, kerusakan terparah terjadi di Kelurahan Salahudin dan Kelurahan Tubo. Satu jembatan di Kelurahan Dufa-dufa juga dilaporkan patah.

Soal potensi banjir lahar dingin pernah diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. "Potensi banjir lahar dingin semakin meningkat seiring bertambahnya curah hujan," kata dia.

Masyarakat diimbau menjauhi Kawasan Rawan Bencana III dan II dari ancaman guguran lava dan awan panas. Ancaman lahar dingin ini berada di Kawasan Rawan Bencana I.

Gunung Gamalama meletus pada 4 Desember sekitar pukul 22.25 WIB lalu. Saat letusan terjadi suasana di Maluku Utara sedang hujan dan mati listrik. Meski demikian, tidak ada laporan kerugian materi akibat letusan gunung ini.

Letusan itu sempat membuat jalur penerbangan komersil Manado-Ternate terganggu. Pada Minggu 11 Desember, akhirnya penerbangan Manado-Ternate kembali dibuka.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Laporan: RHA | Makassar, umi

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti persoalan banjir di Jakarta. Padahal, Jakarta punya anggaran untuk mengatasi banjir.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024