Bayanah Dicambuk Ratusan Kali di Penjara Arab

TKW NTT
Sumber :
  • VIVAnews/ Adri Irianto

VIVAnews -- Senyum tersungging di bibi Bayanah Binti Banhawi (29), saat menginjakkan kakinya di Bandara Soekarno-Hatta. Ia akhirnya bisa pulang, dan yang lebih penting lolos dari ancaman algojo pancung yang mengintainya selama lima tahun di Arab Saudi.

Sejak April 2006 lalu, TKW asal Desa Ranca Labuh, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Banten, dipenjara di Riyadh, Arab Saudi. Dengan tuduhan membunuh anak majikannya.

"Alhamdulilah bisa kembali, saya kapok dan trauma kembali lagi ke sana (Arab Saudi)," kata Bayanah setibanya di Lounge TKI, Bandara Soekarno Hataa, Tangerang, Rabu 28 Desember 2011.

Bayanah lantas menceritakan kasus yang menjeratnya, yang berawal dari ketidaksengajaan saat mengurus anak majikannya. "Anak yang saya asuh itu cacat, kaki dan tangannya tidak lurus," ujarnya.

Saat dimandikan, tangan anak itu terkilir dan membengkak. "Dari situ saya malah dituduh membunuh anak majikan saya dengan cara menyiram air panas," ujarnya.

Ia pun dibui. Anak majikan tersebut meninggal dunia di RS, saat Bayanah sudah di penjara.

Tak hanya disel, Bayanah juga mendapat hukuman cambuk sebanyak 300 cambukan. "Setiap setengah bulan dicambuk 50 sampai 300 cambukan," ujarnya.

Bayanah menambahkan, dia hanya bekerja 3 bulan di majaikannya tersebut. Selama itu juga, ia tak menerma gaji sepeserpun. "Saya belum pernah kirim. Saya tidak pernah menerima gaji," katanya.

Sebelumnya, Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat, mengatakan kasus Bayanah dianggap membunuh anak majikannya. Sehingga Bayanah mendapatkan hukuman mati. Namun, dalam persidangan tidak terbukti sengaja membunuh. Bayanah bisa bebas dan membayar diyat sebesar 55 ribu real.

Bayanah adalah satu dari tiga TKW yang dipulangkan hari ini. Dua lainnya adalah, Jamilah binti Abidin Rofi’i alias Juariyah binti Idin Rofi’i, dan Neneng Sunengsih Binti Mamih (34 tahun).

Laporan: Muhammad Iyus| Tangerang

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?
Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024