3 Rumah Warga Syiah Madura Juga Dibakar

Kebakaran
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Aksi pembakaran pesantren dilakukan sekelompok massa di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Kamis 29 Desember 2011. Tak hanya tempat ibadah, beberapa rumah warga juga turut dibakar massa.

"Ada tiga buah rumah, dan satu musala yang notabene ditempati kelompok Syiah dibakar," kata Kepala Bidang Humas Polda jatim, Kombes Pol Rahmad Mulyana kepada VIVAnews.com.

Mulyana menambahkan, pelaku pembakaran mengaku berasal dari kelompok Sunni. Polisi, kata dia, untuk sementara belum mengetahui motif tindakan anarki ini. "Kami masih melakukan pendalaman di sana. Belum bisa menyimpulkan," ujar dia.

Menurut dia, selain tiga rumah dan satu tempat ibadah ini, massa juga akan membakar sejumlah rumah lainnya. Namun usaha itu dicegah oleh aparat. "Kita terus melakukan pendekatan persuasi pada masing-masing kelompok di sana," katanya. "Kita sudah menerjunkan anggota kita di sana."

Aksi pembakaran ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIB pagi ini. Warga sekitar mengaku massa yang menyerang adalah warga yang tidak suka dengan keberadaan pesantren Syiah di sana. (umi)

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres
dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024