Gunung Sindoro Tertutup untuk Tahun Baru

Puncak gunung Sindoro terlihat dari puncak bukit Sikunir, Wonosobo.
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melarang aktivitas pendakian ke puncak Gunung Sindoro pada malam pergantian tahun baru nanti. Larangan pendakian dikeluarkan sejak status gunung yang terletak di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah, naik dari normal menjadi waspada pada 5 Desember 2011, lalu.

Petugas pos pengamatan Gunung Sindoro dan Merbabu, Yuli Rohmatullah mengatakan status Gunung Sindoro hingga hari ini masih dalam level waspada sehingga sehingga seluruh aktifitas pendakian ke puncak Sindoro dilarang. 

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

“Larangan itu dikeluarkan  kantor PVMBG di Bandung. Sejak status naik menjadi waspada, semua aktivitas pendakian tidak diperbolehkan, termasuk pada malam tahun baru nanti,” kata dia saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis, 29 Desember 2011.

Berdasarkan pengalaman malam tahun baru sebelumnya, lanjut dia, banyak warga masyarakat dari berbagai daerah dari luar Temanggung dan Wonosobo yang mendaki ke puncak Gunung Sindoro untuk merayakan malam pergantian tahun baru. “Ketika status Sindoro masih normal juga banyak yang melakukan pendakian. Dengan adanya larangan ini, kami berharap tidak ada aktifitas pendakian pada malam tahun baru,” kata Yuli.

Kendati telah dilarang mendaki, kata dia, ternyata beberapa warga masih nekat melakukan pendakian ke Gunung Sindoro. “Ya, warga sekitar Gunung Sindoro sendiri yang melakukan pendakian. Mungkin mereka penasaran saja ingin melihat kawah baru,” katanya. (Laporan Fajar Sodiq, eh)

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

Anggota Komisi II DPR RI menyatakan sepakat bahwa UU Pemilu perlu dilakukan revisi sebagaimana yang terdapat dalam pertimbangan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024