Ancol Siapkan 2.500 Operasional Pengamanan

Taman Impian Jaya Ancol
Sumber :

VIVAnews - Sekitar 430 ribu pengunjung diperkirakan akan memadati kawasan wisata Ancol Taman Impian pada puncak perayaan malam tahun baru 2011 dan awal tahun 2012.

Sejumlah persiapan operasional terkait dengan pengamanan dan pengaturan lalulintas di dalam kawasan Ancol telah disiapkan, termasuk untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pengunjung.

Pada puncak perayaan malam tahun baru 2011 yang dimeriahkan dengan pesta kembang api di 4 titik dalam kawasan Ancol  Taman Impian, serta konser musik live SCTV bertajuk “Back to Beach 2011” di Pantai Carnaval, sekitar 250 ribu pengunjung diperkirakan akan memadati kawasan wisata ini. Sementara sekitar 180 ribu pengunjung juga diperkirakan akan datang ke Ancol Taman Impian pada hari pertama di awal tahun 2012.

“Terkait dengan kehadiran pengunjung yang ingin merayakan malam pergantian tahun dan berlibur pada awal tahun baru di kawasan Ancol Taman Impian, kami telah menyiapkan operasional pengamanan  kawasan, serta dan pengaturan laulintas untuk masuk dan keluar dari kawasan Ancol termasuk jika terjadi lonjakan pengunjung,” jelas Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, perusahaan pengembang kawasan wisata terpadu Ancol Taman Impian.

Pada malam pergantian tahun di 2011 lalu, kawasan Ancol Taman Impian dipadati sekitar 280 ribu pengunjung dan sekitar 180 ribu orang pada 1 Januari 2011.

10 Drama Korea Baru di Tahun 2024 yang Bisa Ditonton saat Libur Lebaran

Untuk pengamanan acara tersebut, Ancol telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menghadirkan 2.500 personel keamanan yang terdiri atas TNI, Polri, Satpol PP, dan lainnya.

Untuk tahun ini kata Budi Karya, meski tren kehadiran pengunjung diperkirakan tidak sebanyak pada 2010 lalu, pihaknya juga akan tetap menghadirkan aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan lainnya  untuk menjaga keamanan dan ketertiban kawasan. termasuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pengunjung yang datang. “Kami tetap akan bekerjasama dengan TNI, Polri dan Satpol PP untuk operasional pengamanan malam pergantian tahun 2011 dan tahun baru 2012,” ucap Budi Karya.

Sejumlah sarana dan prasarana lain yang diperlukan untuk operasional pengamanan telah disiapkan Ancol Taman Impian. Sebanyak 4 posko polisi di 4 (empat) lokasi (Pembibitan, Backstage, Carnaval dan Pantai Indah),  4 ekor anjing pengusir massa (K-9), 2 unit ambulance tambahan 118 berikut tenaga medis, 4 unit perahu karet dan 2 boat rescue yang disiagakan di dermaga Marina, Pantai Indah, Putri Duyung, Beach Pool , Dermaga One, dan Jimbaran Resto, perangkat CCTV, dan tenaga provost di tiap pintu-pintu masuk dan keluar Ancol  akan disiapkan.

Pengaturan Lalulintas
Ancol Taman Impian juga telah mempersiapkan operasional kelancaran lalulintas kendaraan yang masuk ke kawasan Ancol. Pada malam pergantian tahun 2011 diperkirakan sebanyak 45.000 mobil dan 14.000 motor akan memadati kawasan Ancol. Sedangkan pada awal tahun baru 1 Januari 2012, kawasan wisata Ancol akan dipadati 10.000 motor dan 22.000 mobil tanggal 1 Januari 2012.

Selain di dalam areal, jalur protokol akses masuk, seluruh pintu masuk, dan areal parkir Ancol, pengamanan dan pengaturan lalulintas juga akan dilakukan pada ring luar.

Upaya pengamanan dan pengaturan lalulintas itu juga akan didukung oleh sarana dan prasarana seperti, 3 unit mobil derek  yang disiagakan di Pasar Seni, Pantai Carnaval dan Pantai Festival, penambahan signage dan rambu lalulintas (bermakna larangan, himbauan, petunjuk arah), dan spanduk himbauan dilarang parkir di areal yang telah ditentukan.

“Sasaran dari penerapan strategi pengamanan dan pengaturan lalulintas ini agar tidak terjadi keruwetan lalu lintas, tidak terkecuali jika terjadi lonjakan pengunjung,” kata Budi Karya.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Ancol Taman Impian memerkirakan arus lalulintas yang masuk pada 31 Desember 2011 akan mengalami penumpukan di Pintu Gerbang Utama (PGU) saat  pengunjung yang datang mencapai rata-rata 35 ribu orang/jam (shift 4),  potensi terjadinya kemacetan  pada jalur Beach Pool, dan penumpukan kendaraan di PGU Pantai Carnaval. Sementara untuk arus keluar, mulai pukul 03.00 WIB semua pintu keluar dibuka termasuk PGU Timur dengan 2 jalur keluar.

Sedangkan pada 1 Januari 2012, arus masuk lalulintas ke Ancol Taman Impian akan mulai ramai pada pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Konsentrasi pengaturan arus lalulintas akan difokuskan pada ring luar, diarahkan ke kantong-kantong parkir, pengendaliannya ada di Bundaran Bandar Jakarta, dan seluruh pintu keluar dibuka mulai pukul 14.00 WIB.

“Untuk kemudahan dan kelancaran akses pengunjung, kami akan meminta Jasa Marga membuka semua pintu masuk tol,  baik  di pintu Kemayoran, Ancol Timur maupun Ancol Barat sepanjang malam hingga pagi hari,” ungkap Budi Karya. (WEBTORIAL)

Gubernur Laporkan Informasi Semua Kejadian Bencana di Sumbar kepada Presiden
Kecelakaan di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek

Terpopuler: Identitas Pemilik Gran Max Maut, Mobil Terlaris 3 Bulan Berturut-turut

Berita yang membahas tentang identitas pemilik Gran Max maut dan mobil terlaris 3 bulan berturut-turut, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024