LSM Klaim Temukan Gunung Pertama di Riau

Danau dan Gunung Api Taal, Filipina
Sumber :
  • images.travelpod.com

VIVAnews - LSM River Defender mengklaim, menemukan gunung pertama di Riau. Selama ini, Riau dikenal daerah yang kaya minyak dengan geografis tidak ada gunung.

Tak tanggung-tanggung, ketinggian gunung yang ditemukan tersebut mencapai 1.091 meter dari permukaan laut.

"Ini merupakan gunung pertama di Riau. Selama ini warga setempat sudah tahu, tapi tidak terekspos luas. Ketinggiannya mencapai 1.091 meter dari permukaan laut," ujar Amin Setyawan kepada VIVAnews, Kamis 29 Desember 2011 dari lokasi gunung tersebut.

Gunung yang bernama Dfadi tersebut terletak di Kampar, tepatnya Kecamatan Kampar Kiri di kawasan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang Baling.

"Gunung tersebut tidak aktif lagi. Dan kondisinya memang belum terjamah. River Defender memasuki awal 2012 ini akan mengadakan ekspedisi bersama Brimapala Sungkai Faperta Universitas Riau yang didukung penuh oleh KB Gurindam12 ke kawasan gunung tersebut," ujarnya.

Ekspedisi ini bertujuan melihat lebih jauh gunung tersebut untuk pengembangan potensi wisata alam Riau yang terpendam. "Kegiatan ini dilaksanakan 29 Desember 2011 hingga 3 Januari 2012," papar Amin.

Menurut data yang mereka peroleh, gunung Dfadi ini tergolong tidak aktif. "Diperkirakan akan memerlukan waktu dua hari perjalanan menuju puncak gunung. Sebab, medannya sangat sulit. Belum ada jalan sama sekali," katanya.

Laporan: Ali Azumar | Riau, umi

Jelang Putusan Sengketa Pilpres, Timnas Amin Ragukan Independensi Hakim MK
Ilustrasi penangkapan terduga teroris

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

BNPT memiliki peran penting selaku leading sector penanggulangan terorisme untuk mensukseskan event internasional tersebut guna menjaga citra Indonesia di mata dunia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024