Akses Jalan Indonesia-Malaysia Nyaris Lumpuh

banjir di Colombia
Sumber :
  • REUTERS/Jaime Saldarriaga

VIVAnews  - Hujan deras disertai angin kencang  disertai petir yang terjadi sejak Rabu 28 Desember 2011, memicu banjir di Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

Banjir ini juga mengakibatkan jalur transportasi yang menghubungkan Jagoibabang, perbatasan Indonesia-Malaysia nyaris lumpuh total. Ratusan kendaraan terpaksa harus mengantre, baik itu roda dua, empat, maupun roda enam.

Menurut Salah satu warga Kecamatan Ledo, Jamilus (35), hujan mulai mengguyur selama seminggu ini. Ratusan Kendaraan juga harus mengantre. "Pas di jembatan Ledo itu dekat masjid persisnya, air menggenangi badan jembatan. Padahal jembatan itu lumayan tinggi, tapi bisa terendam juga, kata Jamilus saat berbincang dengan VIVAnews.com, Kamis 29 Desember 2011.

Hingga saat ini, kata Jamilus, banjir belum juga surut. Kata dia, debit air saat ini semakin naik permukaan hingga badan  jalan tersebut tidak bisa dilewati kendaraan. "Kalau kendaraan roda dua  memaksakan jalan terus harus memakai rakit atau perahu melintasi jalan yang terendam banjir. Jalan yang terendam banjir tersebut  berada di lintasan Ledo - Sanggau Ledo sepanjang 50 kilo meter," kata Jamilus.

Jalan tersebut, kata Jamilus, merupakan akses lintasan tunggal dari Bengkayang menuju daerah perbatasan Indonesia-Malaysia di Jagoibabang, Kabupaten Bengkayang.

Jamilus menambahkan, banjir yang  melanda wilayahnya itu akibat meluapnya Sungai Sambas Kecil setelah diguyur hujan deras selama seminggu. Selain menggenangi badan  jalan dan jembatan, tambah Jamilus, banjir  tersebut  merendam ratusan rumah dan ratusan hektare lahan pertanian  milik warga setempat yang berada di dataran rendah.

"Kurang lebih ada sekitar tiga dusunlah  yang terendam  banjir di daerah saya ini. Sejumlah dusun  itu antara lain, Dusun Pasar Bawah, Keruing, dan Dusun Tanjung," kata Jamilus.

Laporan: Aceng Mukaram | Kalimantan Barat, umi

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus
Band All Time Low

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Konser Forever: Live in Jakarta ini diharapkan akan menarik minat banyak pecinta musik, terutama mereka yang menyukai pop-punk, rock alternatif, dan emo di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024