Tahun Baru, Tarif Hotel di Yogya Naik 300%

Tugu Yogya
Sumber :
  • VIVAnews/Fauzan

VIVAnews - Menjelang tahun baru 2012, sebagian besar hotel yang ada di Yogyakarta sudah penuh dengan pesanan. Tak hanya hotel yang berada di kawasan Malioboro yang sudah penuh dengan tamu, hotel di kawasan wisata Pantai Parangtritis juga meraup tamu yang sangat banyak, termasuk yang kelas melati.

Tustiani (37) salah seorang pemilik hotel kelas melati di Kawasan Pantai Parangtritis mengatakan satu pekan menjelang tahun baru booking hotel sudah melonjak. Khususnya hotel yang melayani wisatawan secara rombongan seperti rombongan wisatawan pelajar.

"Sejak libur semesteran kemarin beberapa hotel sudah penuh, meski mereka kebanyakan untuk transit semata," kata Tustiani, Kamis, 29 Desember 2011.

Menurutnya, wisatawan yang menginap biasanya malam menjelang pergantian tahun hingga siang harinya. Namun jika wisatawan yang sifatnya keluarga bisa menginap 2 hingga 3 hari.

"Untuk yang menginap saat malam tahun baru itu yang membludak," ucapnya.

Kondisi seperti ini banyak dimanfaatkan oleh pemilik hotel untuk menaikkan harga hingga 300 persen dari harga normal.

"Kalau pada hari biasa tarif hotel hanya dalam kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu maka saat malam tahun baru bisa mencapi 3 kali lipat harganya," ujar Tustiyani yang juga Ketua DPRD Kabupaten Bantul, DIY ini.

Lebih lanjut Tustiani menyatakan, hotel yang berada di kawasan wisata Parangtritis mencapai ratusan. Belum lagi yang berada di wilayah Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul jumlahnya juga sangat banyak.

"Meski hotel itu lokasinya cukup jauh dari Parangtritis namun tetap diburu karena memang hotel di kawasan Pantai Parangtritis sudah penuh tamu," jelasnya.

Rina, salah seorang pemilik warung di Kawasan Pantai Parangtritis, mengaku terkadang saat tahun baru juga menyewakan kamar di rumahnya untuk wisatawan karena banyak wisatawan yang tidak mendapatkan kamar.

"Hitung-hitung tambah rezeki, toh harganya tidak semahal ketika menyewa kamar di hotel," ujarnya singkat. (eh)

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Laporan: Juna Sanbawa | DIY

Ilustrasi berselancar di internet.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Di era digital ini, hampir setiap aspek kehidupan kita terhubung dengan internet. Dari mencari informasi hingga berkomunikasi, kita meninggalkan jejak digital di berbagai

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024