GP Ansor Kecam Pembakaran Pesantren Syiah

pembakaran pesantren di madura
Sumber :
  • ANTARA/Saiful Bahri

VIVAnews - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Nusron Wahid  mengecam peristiwa pembakaran pesantren Syiah oleh warga di Sampang, Madura.
"Ansor mengutuk dan mengecam aksi kekerasan itu," ujar Nusron dalam pesan singkat kepada wartawan, Jumat 30 Desember 2011.

Menurut Nusron, para tokoh ulama Nahdlatul Ulama perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk saling menghormati perbedaan. "Kami akan menggalang kekuatan di kalangan kiai-kiai sepuh NU tentang pentingnya intermediasi, supaya ada upaya saling menghormati," kata Nusron.

Nusron menyesalkan ketidaksigapan aparat kepolisian mencegah aksi kekerasan massa tersebut. "Saya kira aparat keamanan selama ini memang kurang tegas dalam melindungi warga negara terutama yang minoritas. Ada kesan polisi hanya memperhatikan suara mayoritas," kata Nusron.

Sebelumnya, kompleks Pesantren Islam Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, dibakar massa, Kamis 29 Desember 2012 pada pagi hari sekitar pukul 09.15 WIB. Namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Foto: Istimewa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Setelah melalui berbagai proses yang panjang, Sasya Livisya menyampaikan pentingnya hate comment dalam setiap konten yang diposting di sosial media.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024