Penebangan Hutan 'Sumbang' Banjir Riau

Surabaya terendam banjir
Sumber :
  • Tudji Martudji| Surabaya

VIVAnews - Banjir melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Riau. Selain karena curah hujan tinggi, banjir juga disumbang oleh penebangan hutan.

"Hutan sebagai serapan air terus berkurang. Karena itu perusahan-perusahaan kayu di Riau harus membantu korban banjir. Karena banjir terjadi juga akibat penebangan hutan," kata Kepala Bidang Perlindungan Hutan dan Lahan Dishut Riau, Said Nurjaya kepada VIVAnews.com, Jumat 30 Desember 2011.

Banjir di Riau saat ini melanda kabupaten Kampar, Kuansing, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, dan Pekanbaru. Di Kuansing, saat ini setidaknya 30 ribu warga memerlukan bantuan makanan dan minuman karena terkena banjir. Sebagian dari mereka rumahnya masih tergenang air.

Sedangkan di Pekanbaru sejumlah warga dari lima kecamatan yang terkena banjir masih tetap bertahan di tenda pengungsian.

Bantuan yang mereka harapkan, tak juga kunjung datang. Pasalnya, Dinas Sosial Kota Pekanbaru mengaku tak punya anggaran membantu korban banjir. Mereka sedang mengupayakan dapat bantuan dari provinsi Riau.

Sedangkan di kabupaten Indragiri Hulu banjir terus meluas. Tak saja sekitar 2.000 rumah yang terendam, ratusan hektar lahan pertanian warga juga terendam. Sebagian warga bahkan terpaksa mengungsi.

Hal yang sama juga terjadi di kabupaten Rokan Hilir. Genanga banjir di kecamatan Rantaukopar, Tanah Putih dan Pujud masih meningkat.

Kondisi banjir ini membuat prihatin banyak pihak. Dinas Kehutanan Provinsi Riau menunjukkan kepeduliannya dengan menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Pekanbaru.

"Sebagai bentuk kepedulian, kita serahkan bantuan 500 kilogram beras kepada korban banjir," lanjut Said.

Laporan: Ali Azumar | Riau, umi

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024