2011, Semarang Dinilai Paling Korup di Jateng

Uang
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVANEWS - Pemerintah kota Semarang didaulat sebagai 'juara umum' dalam bidang korupsi, sepanjang tahun 2011. Kajian Pusat Studi Antikorupsi Universitas 17 Agustus 1945 menilai dana yang kerap dikorupsi adalah anggaran pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur serta anggaran bantuan sosial.

Pemerintah Kota Semarang menjadi 'juara umum' bidang korupsi dengan 11 kasus yang terungkap dan sampai ke persidangan. Sedangkan angka kerugian negara mencapai Rp140 miliar.

"Kasus terakhir yang ditangani KPK, yakni penyuapan pemerintah kota Semarang kepada DPRD hingga Rp5 miliar, memang belum dimasukkan dalam data kami karena masih dalam proses penyidikan," kata Mahfud Ali, Ketua Pusat Studi Anti Korupsi Untag, Jumat, 30 Desember 2011.

Duduk di nomor dua adalah Pemerintah Salatiga dengan 8 kasus korupsi. Sementara peringkat ketiga adalah pemerintah kabupaten Sukoharjo dengan 7 kasus.

Mahfud menambahkan refleksi ini diselenggarakan sebagai studi kritis terhadap situasi di Jawa Tengah. "Kami harapkan, melalui refleksi ini, para pegiat antikorupsi di Jawa Tengah bisa menyatukan langkah dan visi dalam pemberantasan korupsi," kata Mahfud Ali.

Dalam diskusi yang diikuti berbagai LSM anti korupsi dan juga para akademisi ini menunjukkan bahwa gerakan anti korupsi selalu kalah cepat dalam hal konsolidasi dibanding konsolidasi para elit koruptor.

Aryanto Nugroho dari Pattiro Semarang menyebutkan bahwa konsolidasi elit di daerah lebih kuat dibanding yang berada di pusat. "Tantangan terbesar justru ada di daerah. Karena konsolidasi elit mulai dari bupati, walikota, DPRD, kepolisian, kejaksaan, pemilik media, dan semua yang berhubungan dengan kekuasaan sudah sangat solid. Sementara konsolidasi para pegiat anti korupsi justru tertatih," kata Aryanto.

Ke depan, diharapkan para pegiat anti korupsi bisa mengambil peran pro aktif dalam membantu penegakan hukum. "Kita bantu para penegak hukum dalam upaya pembuktian, yang selama ini memang menjadi kesulitan," kata Mahfud Ali.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, mengaku malu karena Semarang 'dinobatkan' sebagai kota terburuk ketiga se-Indonesia dalam pelayanan publik berdasarkan survei dari KPK. Dalam survei KPK 2011, Semarang juga masuk sebagai kota dengan pelayanan publik paling buruk ketiga di seluruh Indonesia.

Laporan: Puspita Dewi | Semarang (hp).

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024