Polda Jateng Pecat 16 Polisi Nakal

Apel Pasukan
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Dalam setahun 16 polisi dipecat dari Kepolisian Daerah Jateng karena terlibat berbagai tindak kejahatan di antaranya mengedarkan narkoba, membunuh, serta perampokan.

"Dari 16 personel yang dipecat sepuluh orang melakukan tindak pidana dan enam orang lainnya karena desersi," tutur Kabid Propam Polda Jateng Kombes Alex Alim Rewos di Mapolda Jateng 30 Desember 2011.

Dari data pengaduan masyarakat terkait buruknya kinerja kepolisian juga meningkat dari 262  pengaduan tahun lalu menjadi 505 pengaduan tahun ini.

"Terbanyak pengaduan yang kita terima mengenai permasalahan hukum dan HAM serta penyalahgunaan wewenang," terang Alex.

Langkah ke depan untuk memperbaiki kinerja kepolisian, Divisi Profesi dan pengamanan  Polda Jateng akan menangani seluruh pengaduan masyarakat sekecil apapun.

"Pengaduan sekecil apapun akan kami respon  untuk mencegah pelanggaran yang lebih besar yang dilakukan personel polisi, selain itu kami akan proaktif melakukaan pendataan di seluruh Polsek untuk melihat kinerja polisi itu sendiri," tambah Alex.

Selain 16 polisi yang dipecat dengan tidak hormat, tahun ini Polda Jateng juga memberhentikan satu orang polisi dengan hormat karena sakit.

Selain membeberkan data polisi, Polda juga merilis data kecelakaan yang terjadi di Jawa Tengah selasa 2011. Ada 19.839 kecelakaan terjadi di Jateng sepanjang tahun 2011 ini 4.482 korban di antaranya meninggal dunia.

"Dari jumlah kecelakaan memang meningkat dari tahun lalu yang hanya 19.410 kejadian," papar Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Didiek S Triwidodo dalam evaluasi akhir tahun di Mapolda Jateng 30 Desember 2011.

Dari data Polda kecelakaan terbanyak melibatkan sepeda motor disusul mobil barang dan mobil penumpang. "Jenis kecelakaan juga bervariasi. Yang memprihatinkan terdapat kasus tabrak lari yang mencapai 497 kasus dan ini meningkat lebih dari 100 kasus dibandingkan tahun lalu," tambah Didiek.

Didiek berharap masyarakat lebih peduli dan sadar akan tata tertib berkendara agar terhidar dari kecelakaan, karena kecelakaan selalu terjadi akibat pelanggaran tata tertib berlalulintas yang dilakukan pengguna jalan. (eh)

Laporan : Puspita Dewi | Semarang

Arema FC Kalah 3 Kali Beruntun, Ini Kata Widodo Cahyono Putro
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah).

Iran Serang Israel, Airlangga Serukan Parpol Bersatu karena Situasi Ketidakpastian Meningkat

Airlangga Hartarto meminta seluruh partai politik untuk bersatu demi Indonesia di tengah ketegangan yang terjadi di Timur Tengah menyusul Iran menyerang Israel.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024