323 TKI Bermasalah Yordania Menunggu Pulang

Pemulangan TKI Bermasalah : Paspor
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Ribuan TKI bermasalah di berbagai negara Timur Tengah dan Asia Pasifik masih menunggu dipulangkan. Khusus kawasan Yordania ada 323 TKI bermasalah dan kini ditampung di shelter KJRI Aman, Yordania.

Kepala Subdit Perlindungan dan Kepulangan Tenaga Kerja Oscar Abdulracman mengatakan jumlah ini belum termasuk TKI yang masih berkeliaran diluar dan terlibat masalah di Yordania. “Mereka akan dipulangkan secara bertahap,” kata Oscar usai pemakaman Yuyun Yuningsih Binti Mahpud TKI asal Sukabumi yang depresi sepulang dari Yordania, Jumat 30 Desember 2011.

Dipastikan semua TKI yang ditampung di shelter KJRI Aman, Yordania terlibat berbagi masalah. “Mayoritas dari mereka lari dari kediaman para majikan dengan berbagi alasan. Jumlah masalah TKI yang kabur dari majikan mencapai 70 persen dari total TKI yang ada di shelter saat ini,” paparnya.

KJRI juga tengah mengupayakan bantuan hukum bagi TKI yang bermasalah dengan hukum. Para pengacara ini berasal dari Yordania. “Pengacara kita hingga saat ini belum mampu melakukan berbagi pembelaan di luar negeri,” imbuhnya.

Rencananya para TKI bermasalah yang dipulangkan akan dikumpulkan di shelter Selapanjang di bawah pengawasan BNP2TKI untuk didata dan selanjutnya dipulangkan ke daerah masing-masing. Pemulangan para TKI bermasalah asal Yordania sudah dlakukan secara bertahap sejak 22 Desember 2011 lalu.

Yordania merupakan salah satu negara yang mendapat moratorium dan ini belum dicabut. Diplomasi kedua negara belum berhasil menemui kesepakatan tentang mekanisme pengaman dan sistem pembayaran para TKI. Laporan: Permadhi | Sukabumi (adi)

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor
Cek hipertensi atau darah tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis yang umum di mana tekanan darah dalam arteri meningkat. Untuk mengurangi masalah ini, salah satunya makanan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024