Tahun Baru, Polda Bali Siapkan Pasukan Cepat

Ilustrasi pariwisata pantai Kuta, Bali
Sumber :

VIVAnews - Selain menutup total seluruh arus lalu lintas yang ada di beberapa kawasan Pantai Kuta dan sekitarnya yang dianggap sebagai pusat konsentrasi massa saat merayakan pergantian tahun, Polda Bali juga menempatkan pasukan cadangan di tiga titik sentral yang bisa bergerak cepat bila terjadi sesuatu saat merayakan tahun baru.

Wakapolda Bali, Brigjen Ketut Untung Yoga mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, konsentrasi massa baik wisatawan asing maupun domestik semuanya merayakan pergantian tahun baru di Pantai Kuta.

"Dari konsentrasi massa inilah dikhawatirkan adanya bentrokan akibat mabuk, pencurian, dan sebagainya. Lagi pula adanya pesta kembang api di Pantai Kuta bisa menimbulkan dampak sehingga perlu adanya pengamanan ekstraketat," ujarnya, Jumat 30 Desember 2011.

Sementara, Kepala Biro Operasi Polda Bali, Kombes Gede Alit Widana mengatakan, pasukan cadangan akan ditempatkan di tiga titik yakni pertama, di simpang kampus Universitas Udayana. Pada titik ini diharapkan bisa meliputi beberapa pusat pariwisata yakni Nusa Dua, Tanjung Benoa, Jimbaran, Kedongan, Pecatu dan sekitarnya.

Titik kedua adalah di Polsek Kuta sehingga bisa mengcover Kuta, Bandara Ngurah Rai, Legian, Seminyak dan sekitarnya. Titik ketiga adalah di Mapolda Bali dengan luasan di wilayah Sanur dan Kota Denpasar seluruhnya.

"Personelnya terdiri dari dari Brimob, Dalmas, Gegana dengan pasukan jihandaknya. Jumlah personil ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan analisa potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Pasukan ini tidak termasuk pasukan yang diterjunkan dalam pengaman langsung perayaan pergantian tahun nanti," ujarnya. (eh)

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024