Tahun Baru, Bekasi Siap Layani KRL Khusus

Uji Coba Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pada malam pergantian tahun, Sabtu 31 Desember 2011, pihak Stasiun Bekasi, Jawa Barat akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) khusus. KRL khusus ini sengaja dioperasikan bagi penumpang asal Bekasi yang ingin merayakan malam tahun baru di Ibukota Jakarta.

"PT KA telah menyediakan KRL Jabodetabek khusus, yang beroperasi pada malam pergantian tahun," ujar Kepala Stasiun Bekasi, Eman Sulaeman, Jumat 30 Desember 2011.

Pengoperasian KRL khusus dilakukan karena selama ini warga Bekasi selalu antusias merayakan malam tahun baru di tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta. "Rutenya berangkat dari Stasiun Bekasi sekitar pukul 22.00 WIB, melewati Stasiun Jatinegara-Manggarai, dan tiba di Stasiun Jakarta Kota pada pukul 22.48 WIB," katanya.

Jadwal KRL khusus pada malam tahun baru itu untuk perjalanan pulang-pergi (PP), di mana KRL akan kembali berangkat dari Stasiun Jakarta Kota pada pukul 00.45 WIB dan sampai di Stasiun Bekasi sekitar pukul 01.33 WIB. KRL yang akan dioperasikan adalah Commuter Line.

Senior Manajer Humas PT KA Daop 1, Mateta Rijalulhaq mengatakan, penambahan jadwal KRL ditujukan bagi perjalanan Jabodetabek. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Depok, Bogor, dan Bekasi.

Untuk jadwal KRL malam tahun baru tujuan Bogor-Jakarta, akan dioperasikan dari Stasiun Bogor sekitar pukul 22.00 WIB, dan tiba di Stasiun Jakarta Kota pukul 23.22 WIB. "KRL akan berangkat kembali dari Stasiun Jakarta Kota pada pukul 00.50 WIB dan tiba di Stasiun Bogor pukul 02.02 WIB," katanya.

Mateta menambahkan, meski mengoperasikan Commuter Line, namun pola perjalanan KRL khusus malam tahun baru tersebut tidak akan memakai sistem loopline. "KRL akan berhenti di setiap stasiun dengan melalui Stasiun Gambir," tuturnya.

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

Pelabuhan Surabaya Ditutup

Sementara itu, di Surabaya, PT Pelindo III cabang Tanjung Perak melarang warga kota merayakan tahun baru di wilayah pelabuhan. Ini untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan pada para penumpang transportasi laut.

"Keputusan diambil sesuai ketentuan pemerintah. Pelabuhan adalah aset negara yang harus dilindungi. Pelindo tidak mengizinkan siapa pun merayakan pergantian malam tahun baru di kawasan pelabuhan," kata Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, Jumat, 30 Desember 2011.

Edi menyebutkan, selama ini, kawasan Pelabuhan Tanjung Perak menjadi salah satu lokasi favorit merayakan pergantian tahun. "Tahun ini, warga yang hendak masuk ke kawasan pelabuhan, kecuali calon penumpang dan awak kapal, dilarang masuk," tuturnya.

Dia mengatakan bahwa semua terminal lingkup pelabuhan, termasuk seluruh terminal penumpang di Gapura Surya Nusantara, tertutup untuk warga yang ingin merayakan tahun baru. (Laporan : Erik Hamzah | Bekasi, Tudji Martudji | Surabaya, art)

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya

Sekretaris Jenderal PKS hadir dalam pengumuman KPU kepada presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran. Ia turut mengucapkan selamat kepada KPU.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024