Car Free Night di Malam Tahun Baru Solo

Kirab Suro Mangkunegaran
Sumber :
  • ANTARA/Andika Betha

VIVAnews - Di Jakarta, kita mengenal car free day di mana kendaraan bermotor dilarang masuk ruas jalan sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin. Nah, di Solo pun ada hal serupa yang diselenggarakan malam pergantian Tahun Baru.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Widdi Srihanto car free night ini digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo untuk mengurangi polusi asap kendaraan pada malam pergantian tahun.

"Jalan yang ditutup mulai Purwosari hingga Gladak. Penutupan jalan untuk arusĀ  kendaraan bermotor dimulai dari pukul 21.00 hinga 01.00 WIB," kata dia kepada VIVAnews.com, Sabtu, 31 Desember 2011. Dengan gelaran bebas kendaraan ini, warga Solo bisa memanfaatkan jalan protokol tersebut untuk jalan-jalan maupun bersepeda.

Sebenarnya, Widdi menambahkan, Solo pun punya car free day, sama seperti Jakarta. "Setiap hari Minggu pagi, kegiatan yang non motorized," ujarnya.

Sejumlah kirab budaya dari 20 kelompok kesenian akan memeriahkan malam pergantian tahun di Jalan Slamet Riyadi, mulai dari reog ponorogo, tari, prajurit keraton, Solo Batik Carnival, dan lainnya.

"Selain kirab budaya, di sepanjang kawasan Car Free Night terdapat tujuh titik panggung. Nantinya akan diisi oleh kesenian rakyat seperti musik keroncong, hadrah hingga grup band," sebut dia.

Sedangkan dalam puncak acara malam pergantian tahun akan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Walikota Solo, Joko Widodo didepan rumah dinas walikota, Loji Gandrung.

"Awalnya puncak pergantian tahun akan dihiasi pesta kembang api, tetapi dibatalkan karena mengandung asap sehingga tidak sesuai dengan program bebas polusi pada malam tahun baru," ucapnya. (Laporan Fajar Sodiq, Solo)

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi/Realisasi Investasi.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Selain Indonesia, tahun 2024 akan ada 64 negara yang juga menyelenggarakan pemilu. Sebagian besar Pemilu 2024 akan terjadi di Benua Eropa, dimana akan ada 19 negara yang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024