2012, Pendakian Gunung Gede Ditutup 3 Bulan

Gunung Lalakon, Bandung.
Sumber :
  • VIVAnews/ Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Awal tahun tepatnya 1 Januari sampai 31 Maret 2012 Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Gede Pangrango menutup sementara jalur pendakian ke kedua gunung tersebut. Penutupan ini dalam upaya perbaikan ekosistem taman nasional terbesar di Jawa Barat.

"Penutupan sesuai dengan SK.341/11-TU/3/2011 tanggal 8 Desember 2011 dan Surat Perintah menteri kehutanan dimana jalur pendakian menuju Gunung Gede dan Pangrango ditutup sementara sejak 1 Januari sampai 31 Maret 2012," kata Kepala TNGGP, Agus Wahyudi kepala TNGP pada VIVAnews.com, Sabtu 31 Desember 2011.

Ia menambahakan, ditutupnya jalur pendakian ini untuk sementara adalah untuk pemulihan ekosisten hutan dan untuk memberikan kesempatan kepada satwa yang ada di kedua gunung tersebut untuk untuk bekembang biak. Lebih lanjut, selama jalur pendakian dibuka oleh pihaknya sedikitnya 80 ribu pendaki datang ke Gunung Gede dan Pangrango.

"Selama dalam masa pemulihan ekosistem ini kami akan melakukan kegiatan lain untuk perbaikan kawasan kedua gunung tersebut," ujarnya.

Agus mengatakan, pihaknya juga sudah memberikan imbauan dan sosialisasi kepada para calon pendaki agar tidak melakukan pendakian sejak dimulainya penutupan jalur pendakian tersebut atau pada 1 Januari. Namun, pihaknya memberikan kesempatan kepada pendaki yang masih ada di puncak gunung untuk segera turun maksimal sampai 1 Januari.

"Himbauan kami sudah lakukan dan jika ada pendaki yang tetap nekat mendaki pada tanggal tersebut maka akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, kami pun akan melakukan pemeriksaan di jalur pendakian khawatir ada yang tersesat atau ada pendaki ilegal," ujarnya.

Ditambahkannya, pada saat pemulihan ekosistem tersebut, pihaknya juga akan melakukan perbaikan kawasan yang besar anggarannya mencapai Rp9 miliar. "Perbaikan tersebut meliputi penanaman pohon di area hutan yang dinilai rusak, penambahan rambu-rambu pendakian, pembangunan sarana dan prasarana untuk para pendaki dan lain-lain," ujarnya. Laporan: Permadhi | Sukabumi

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024