Efek Tahun Baru, Sejumlah Jalan Macet Total

Puncak Liburan Lebaran
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Setelah semalam ditutup penuh, kawasan Malioboro, Yogyakarta, Minggu 1 Januari 2012 macet total. Kemacetan terjadi akibat banyaknya warga yang ingin berlibur di kawasan itu.

Pantauan VIVAnews.com di lapangan, kemacetan terjadi mulai dari kawasan Tugu Yogyakarta, Jalan Mangkubumi, Jalan Malioboro, hingga titik nol kilometer atau Kantor Pos Besar Yogyakarta. "Semua tidak bisa bergerak," kata Aloysius B Kurniawan, pengendara yang terkena macet.

Bahkan, dari Tugu Yogyakarta melewati Jalan Mangkubumi menuju Malioboro yang jaraknya sekitar 2 kilometer harus ditempuh satu jam. "Saya mau ke kantor lewat Tugu menuju Kota Baru saja makan waktu satu jam," katanya.

Namun, arus lalu lintas di luar kawasan Malioboro tampak lancar, seperti Jalan Soedirman sisi timur, Jalan Katamso sisi selatan, dan Monjali sisi utara.

Sementara itu, pasca perayaan malam tahun baru di kawasan puncak, di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, juga masih dipadati kendaraan dari arah Jakarta maupun puncak. Kemacetan terlihat dari Gadog hingga Masjid Atta'awun.

Gaza dan Sudan Terus Dilanda Konflik, Umat Muslim Tidak Bisa Merayakan Idul Fitri Seperti Biasa

Nanang, warga Depok, mengatakan bahwa dia merasa senang bisa merayakan malam tahun baru di kawasan puncak. "Kami tidak kapok, meski harus berjuang dalam kemacetan," kata dia kepada VIVAnews.com, Minggu.

Sekitar pukul 12.30 WIB, petugas Lalu Lintas Polres Bogor, sudah menerapkan satu jalur alias one way. "Hari ini merupakan puncak arus balik liburan tahun baru," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Ajun Komisaris Polisi, Zaenal Abidin.

Pada arus balik ini, kepolisian akan memprioritaskan kendaraan dari arah puncak menuju Jakarta. Sementara itu, kendaraan dari Jakarta menuju puncak masih ditahan di Gadog selama beberapa jam, hingga volume kendaraan dari puncak ke Jakarta berkurang.

Ia menyarankan pengendara sepeda motor maupun mobil agar berhati-hati, karena wilayah puncak masih diguyur hujan dan diselimuti kabut tebal. (Laporan: Erick Tanjung l Yogyakarta dan Ayatullah Humaeni l Bogor, art)

Pemudik berhenti di bahu jalan tol

Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat ada 301 peristiwa kecelakaan yang terjadi selama arus mudik Lebaran 2024 di seluruh Indonesia. Kecelakaan tersebut mengakib

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024