Hujan Deras, Jadwal Kereta Api Jogja Molor

Aliran deras banjir lahar dingin dari Merapi pada Januari 2011.
Sumber :
  • BMKG

VIVAnews - Hujan lebat sejak sore tadi tidak hanya menutup bandara internasional Adisucipto, namun juga mengganggu jadwal perjalanan kereta api. Itu terjadi karena rel perlintasan kereta api di beberapa wilayah Yogyakarta dan Solo, terendam banjir.

Berdasarkan pantauan VIVAnews.com, ratusan penumpang menumpuk di stasiun kereta Lempuyangan, Yogyakarta. Hal itu disebabkan kereta ekonomi Bengawan tujuan Jakarta terlambat berangkat dari stasiun Jebres, Solo.

Kereta ekonomi Bengawan itu seharusnya tiba di stasiun Lempuyangan Yogyakarta, pukul 18.16 WIB. Namun, akibat banjir yang menggenangni perlintasan, kereta itu baru bisa berangkat dari stasiun Jebres Solo, pukul 19.30 WIB.

"Iya tadi KA Bengawan Solo dari stasiun Jebres Solo terlambat berangkat karena banjir menggenangi rel perlintasan kereta. Jadi harus menunggu banjir surut dulu," kata Kepala Humas PT KA Daops VI Yogyakarta, Eko Budianto, saat di hubungi VIVAnews.com, Minggu 1 Januari 2012.

Eko menjelaskan, kereta api ekonomi Bengawan itu tidak bisa di operasikan diperlintasan rel kereta api. Karena lokomotif kereta api tersebut tidak bisa kena air, dan dapat mengakibatkan mesin kereta tidak berfungsi.

Saat ini banjir di beberapa wilayah Solo ke arah Jogja sudah mulai surut dan jadwal perjalan kereta sudah mulai kembali normal. "Sekarang sudah surut, KA Bengawan sudah jalan menuju Yogyakarta dan melanjutkan perjalan ke Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini hujan lebat sejak sore pukul 16.00 Wib tadi masih mengguyur wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Di beberapa ruas jalan di kota Yogyakarta sudah digenangi air hingga menutupi trotoar, seperti di Jalan Kolombo dan Adisucipto.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Laporan:Erick Tanjung|DIY

Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 di Indonesia

Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn

Bank Mandiri menempati posisi pertama Top Companies 2024 Indonesia versi LinkedIn. Top Companies yang dirilis LinkedIn kali ketiga ini menyoroti 15 tempat kerja terbaik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024