Saksi Cuti Tahun Baru, Sidang Malinda Ditunda

Malinda Dee Menjalani Sidang Perdana
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sidang terdakwa Malinda Dee yang agendanya digelar hari ini, Senin 2 Desember 2011, batal dilangsungkan. Ketua majelis hakim, Gusrizal memutuskan untuk menunda sidang lanjutan kasus pencucian uang nasabah Citibank itu.

"Saksi belum bisa hadir maka sidang ditunda," ujarnya dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Senin 2 Januari 2012.

Sidang akan kembali dilangsungkan pada Rabu 4 Januari 2012. Tetap dengan agenda pemeriksaan saksi.

Jaksa Penuntut Umum, Helmi menyatakan, penundaan tersebut dikarenakan keempat saksi yang dijadwalkan hadir masih dalam keadaan cuti. "Masih dalam keadaan cuti dari instansi mereka. Saksi ada empat. Satu tidak ada konfirmasi, sementara tiga sudah konfirmasi karena masih cuti," ujar Helmi saat ditemui di PN Jakarta Selatan, Senin 2 Januari 2012.

Rencananya, terdapat empat saksi yang dijadwalkan memberi keterangan dalam sidang Malinda hari ini. Mereka antara lain Novi Yusnidar dari PT Samudra Asia Nasional, Deden Wardhana dari PT Samudra Asia Nasional, Dedi Radiansyah dari PT Samudra Asia Nasional dan Sudin Riau (leasing).

Seperti diketahui, dalam perkara ini, Malinda dijerat Pasal 49 ayat 1 dan 2 UU No 7 Tahun 1992, sebagaimana diubah UU No 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dan atau Pasal 6 UU No 15 Tahun 2002, sebagaimana telah diubah dengan UU No 25 Tahun 2003 sebagaimana telah diubah dengan UU No 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Dalam kasus ini, Malinda juga menyeret orang-orang terdekatnya, yakni suami siri, Andhika Gumilang yang dituntut enam tahun bui dan denda Rp350 juta atas tuduhan memakai surat palsu dan menerima transfer uang yang diduga hasil kejahatan Malinda.

Selain itu, ipar Malinda, Ismail bin Janim dituntut 5,5 tahun penjara ditambah denda Rp350 juta atas dugaan pencucian uang.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel
Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024