Mahfud MD Mengenang Gus Dur Lewat Humor

Foto Gus Dur - Abdurrahman Wahid
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD ‎memperingati 2 tahun wafatnya Gus Dur dengan menggelar acara 'Mengenang Humor-humor Gus Dur' di kediaman dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin malam, 2 Januari 2012.

Acara ini dihadiri oleh istri Alm Gus Dur Shinta Nuriyah, Ketua PBNU Said Aqil Siraj, Wakil Ketua MPR Lukman Hakim, Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung, Ryaas Rasyid, Hasyim Muzadi, hakim-hakim Konstitusi, pengamat, serta sahabat dan murid Gus Dur.

Mahfud mengatakan, dalam seminggu terakhir ini di Indonesia banyak sekali peringatan wafatnya Gus Dur dalam bentuk tahlilan. Untuk melihat sisi berbeda, Mahfud memilih mengenang Gus Dur dan humor-humornya.

Menurut Mahfud, selain pengetahuannya yang sangat luas, sikap politik, dan pengabdiannya kepada masyarakat yang sangat kuat, Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh yang kaya humor. Gus Dur merupakan sosok seorang pimpinan yang kaya dengan humor untuk menyampaikan pesan tertentu.

"Ketika saya jadi menteri, Gus Dur menasihati saya dengan cerita lucu untuk teguh pendirian dan cepat mengambil keputusan. Itu menyampaikannya humor, tapi maksud dia semua pemimpin itu tidak boleh ragu," ujar Mahfud.

Mahfud menilai semua cerita Gus Dur mempunyai pesan tertentu, tidak sembarang humor. Setiap satu cerita yang sama bisa diceritakan ke setiap orang dengan pesan yang berbeda-beda.

Humor Gus Dur yang sesuai dengan saat sekarang, kata Mahfud, adalah kita harus mengambil tindakan tegas. "Tidak boleh karena ada orang mengusulkan A, ada orang mengusulkan B, kita tidak mengambil keputusan, lalu melemparkan ke tengah-tengah masyarakat padahal keadaan semakin memburuk."

"Kalau Gus Dur mengatakan segera saja ambil keputusan karena setiap pengambilan keputusan pasti ada risikonya. Termasuk kalau tidak mengambil keputusan, itu akan jauh lebih berat," katanya.

Pada acara ini, para pejabat, sahabat, dan murid Gus Dur diberi kesempatan untuk bercerita tentang pengalaman lucunya bersama Gus Dur. Acara berlangsung santai dan penuh gelak tawa. (eh)

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024