VIDEO: Aksi Guru Honorer Demo di YouTube

Guru Demo di YouTube
Sumber :
  • youtube

VIVAnews - Seolah meniru sejumlah artis yang tenar melalui YouTube, seorang pria yang mengaku berprofesi sebagai guru honorer melakukan aksi unjuk rasa melalui cara yang sama. Melalui aksi demo di YouTube ini, guru pria ini menuntut kenaikan gaji Guru Tidak Tetap (GTT).

Video itu diunggah pada 2 Januari 2012 dengan judul 'Guru Malang Bernyanyi dan Berdemo'. Hingga kini belum jelas siapa pria ini. Namun dalam tayangan itu, dia terlihat klimis. Dia mengenakan baju cokelat, warna seragam pegawai pemerintah. Topeng hitam menutupi sebagian mukanya.

Di awal tayangan, pria ini membukanya dengan menunjukkan kertas bertuliskan tuntutannya. Isi tulisan itu adalah:

"Lagu ini saya persembahkan untuk siapa pun anda yang dirundung masalah, terutama para guru GTT (Guru Tidak Tetap) dan guru non-PNS yang sudah mengabdi bertahun-tahun tapi bergaji jauh di bawah UMR (Upah minimum regional), tetap semangat ya...Insya Allah pasti ada jalan.."

Pria itu kemudian menoleh ke belakang dan memutar sebuah lagu berjudul 'Insya Allah' yang dipopulerkan oleh penyanyi asal Lebanon, Maher Zain. Bak artis yang populer lewat YouTube, sang guru juga ber-lip sync mengikuti lagu yang dia putar. Setelah lagu yang diputar itu usai, pria itu pun kembali menunjukkan tulisannya:

"Saya ususl kepada pemerintah/pejabat terkait, naikkan gaji guru GTT/ non-PNS minimal UMR."

"Tentu saja tidak semua guru GTT/non-PNS bergaji UMR. Ada syarat yang harus dimiliki. Misalnya sudah mengabdi minimal 4 atau 5 tahun. Mengajar minimal 30 jam dalam 1 minggu. Berkinerja baik selama pengabdian."

"Saya harap usul saya diterima agar tidak terjadi kesenjangan yang mencolok antara gaji guru PNS dan guru non-PNS karena pada dasarnya guru PNS maupun non-PNS sama-sama mendidik para siswa (pekerjaan kami sama)."

Di akhir tulisannya itu, pria ini berharap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat tuntutannya ini. "Untuk Pak SBY terima kasih jika telah menonton video ini. Saya harap kesejahteraan para guru GTT/ non-PNS di seluruh Indonesia lebih ditingkatkan lagi. Untuk semuanya terima kasih."

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Lihat videonya di sini. (umi)

Perumnas teken nota kesepahaman dengan Telkomsel [dok. Humas Perum Perumnas]

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Perum Perumnas menggandeng Telkomsel untuk menjangkau pasar hunian milenial dan gen-Z.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024