Menhub: Cabut Izin Sumber Kencono Tak Mudah

Bus Sumber Kencono
Sumber :
  • Tudji Martudji| Surabaya

VIVAnews- Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengungkapkan tidak gampang mencabut izin operasi bus Sumber Kencono. Meski pemerintah propinsi Jawa Timur mengajukan pencabutan izin operasi bus yang kini berganti nama Sumber Selamet itu, pemerintah pusat tidak akan serta merta mengabulkan.

"Sekarang saya mau tanya, dengan kecelakaan itu sudah diinvestigasi semua atau belum. Kalau belum, jangan tergesa-gesa," kata Mangindaan di Kantor Presiden, Selasa 3 Januari 2012.

Menurut dia, dampak sosial pemberhentian operasi sebuah perusahaan sangat tinggi. Dia berhitung, perusahaan itu memiliki bus lebih dari 300 buah. Asumsi tiap bus ada dua sopir, dikali jumlah keluarga, akan ada ribuan orang yang kehilangan sumber pendapatan. "Itu juga yang harus kita pikirkan, sosialnya ya," ujar dia.

Menurut Mangindaan, pihaknya akan mengonfirmasi ke Jawa Timur menyusul mencuat desakan pencabutan izin operasi bus itu. Kementerian Perhubungan juga menkonfirmasi "Kita juga akan konfirmasi ke sana juga. Kalau memang ternyata fatal sekali ya apa boleh buat. Tetapi kalau ini kan masalah sosialnya juga harus dipikirkan. Juga kesalahannya ada di mana sebenarnya, lagi diinvestigasi kan sekarang," ujarnya.

Mangindaan menuturkan kriteria fatal itu antara lain, ternyata sopir bus tidak memiliki SIM. Kemudian, busnya ternyata memang tidak layak jalan. "Aturannya harus dilihat. Tapi kalau cuma human error seperti begitu ya kita berpikir lagi," ujarnya.

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Kementrian Perhubungan sudah mengirim tim ke Jawa Timur untuk mencari infromasi sebenarnya. Sementara terkait seringnya bus itu kecelakaan, Mangindaan menilai karena bus itu yang paling banyak beroperasi di jalur Jogja-Surabaya itu. Selain itu trayek Sumber Kencono juga paling banyak.

"Sekarang kalau kita berhentikan, orang yang biasanya nunggu Sumber Kencono bagaimana. Sumber Kencono termasuk bagus di sana, hilang orang yang biasa naik itu. Karena dia termasuk yang on time. Cuma ngebutnya yang salah. Kita kasih peringatan supaya lebih hati-hati, itu pasti," katanya.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto sebut 3,2 Juta Orang Indonesia Main Judi Online
 Aghniny Haque

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, akan resmi tayang di bioskop Tanah Air pada 22 Mei 2024. Sebelumnya, film tersebut mendapat sambutan positif di Jakarta Film Week.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024