Walikota Makassar Naksir Mobil Dinas Jokowi

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews -- Walikota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin, mengaku tertarik menggunakan mobil rakitan karya siswa SMK di Surakarta. Ketertarikan terhadap mobil merek "Kiat Esemka" ini disampaikan usai peluncuran dua buku yang ditulisnya, Rabu 4 Desember 2012.

"Jika memang betulā€“betul layak dan aman dipakai, kenapa tidak?," kata Ilham Arif Sirajuddin di Wisma Kalla, Makassar.

Ketua harian PMI Makassar menambahkan, alasan utama yang membuat ia tertarik untuk menggunakan mobil tersebut. Yakni soal harga. Mobil rakitan yang dibanderol sekitar Rp95 juta sejalan dengan standar efisiensi yang diterapkan Pemkot Makassar dalam hal penggunaan mobil dinas.

Alasan kedua, lanjut Ilham adalah sebagai bentuk penghargaan terhadap karya anak bangsa, apalagi masih berusia di tingkat SMK. Sedangkan alasan ketiga adalah untuk memupuk kemandirian anak bangsa dalam bersaing di kancah industri otomotif dunia.

Man Utd Dapat Rejeki Nomplok Usai Dortmund Picu Klausul Jadon Sancho, Cuan Besar Menanti

"Ini adalah peluang untuk bisa memupuk kemandirian serta mencintai produk sendiri," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel ini.

Terkait dengan mobil yang dibuat oleh siswa SMKN 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta, Ilham mengaku bangga dan memberi apresiasi luar biasa atas karya tersebut. Pasalnya siswa-siswa itu mampu merakit kendaraan tipe SUV dengan besutan mesin 1.500 cc. Mobil tersebut dinilai cocok dan cukup untuk mengelilingi Kota Makassar.

Ilham rencananya akan berkunjung ke Surakarta untuk melihat langsung mobil Kiat Esemka. Ia juga bermaksud menanyakan standar kelayakan yang dimiliki oleh mobil tersebut. Pasalnya, ia baru mendengar sesaat soal mobil Esemka, termasukĀ  kerjasamanya dengan pihak Kiat.

Jika memang mobil kiat esemka ternyata lulus standar dan masuk klasifikasi serta sudah diproduksi massal, maka plat merah DD 1 A yang sehari-hari digunakan Ilham Arief Sirajuddin di Daihatsu Terios, bisa jadi beralih ke mobil Esemka.

Meski bukan kali pertamanya dibuat, mobil rakitan siswa SMK yang diberi merk, "Kiat Esemka" menjadi buah bibir, gara-gara dijadikan mobil dinas bari Walikota Solo, Jokowi dan wakilnya.

Bahkan, sejumlah anggota DPR RI tak mau ketinggalan. Mereka menyatakan tertarik dan sudah memesan mobil tersebut. (ren)

Laporan: RHA | Makassar

Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Janji Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel: Tanggal 20 Mau Pulang, Malah Pulang Selamanya

Kebakaran yang melanda toko frame, bernama Saudara Frame, menyebabkan 7 korban jiwa meninggal dunia seketika di lokasi. Api melahap dengan cepat ke seluruh toko 4 lantai.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024