Misteri Gunung Pertama Riau Berhasil Dikuak

Gunung Dua Saudara di Sulawesi Utara
Sumber :
  • Tim Katastropik Purba

VIVAnews - Tim XPDC 12-12 akhirnya sampai ke puncak Gunung Djadi, gunung yang baru ditemukan di provinsi Riau. Awalnya tim ini memperkirakan sampai pada Minggu 1 Januari 2012. Namun karena medan cukup sulit, mereka baru sampai puncak pada pukul 13.00 WIB, Rabu 4 Januari 2011.

Saat tiba di puncak gunung, kondisi seluruh tim baik. "Beberapa anggota tim memang ada yang mengalami lecet-lecet di bagian kaki," ujar Koordinator XPDC 12-12, Hisam Setiawan dalam keterangan persnya kepada VIVAnews.com.

Gunung ini terletak di Kabupaten Kampar, Riau. Diduga sebagai gunung pertama di Riau. Setiba di puncak, mereka menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih.  "Berdasarkan data Global Positioning System (GPS), gunung ini memiliki ketinggian 1.100 diatas permukaan laut," kata Hisam.

Mereka juga membuat tugu untuk menandakan ketinggian dari puncak Gunung Djadi. "Untuk itu tim sudah mempersiapkan semen yang sengaja dibawa dari Pekanbaru, sedangkan untuk bahan lainnya mempergunakan bahan yang ada di puncak gunung tersebut," katanya.
 
Menurut Hisam, kondisi puncak Gunung Djadi sangat indah karena masih sangat alami. Beragam vegetasi tanaman terdapat di puncak gunung ini. Sangat mengagumkan.

"Kita berharap ini bisa terjaga dengan baik. Karena kawasan sekitar Gunung Djadi ini merupakan daerah tangkapan air (catchment area) untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar. Sehingga perlu tetap dijaga dari tangan-tangan yang akan merusaknya dengan mengalihfungsikan kawasan ini menjadi perkebunan dan industri kehutanan. Semoga saja tidak," ujar dia.
 
Usai memancangkan tugu, tim ini juga melakukan ritual khusus, yaitu berdoa bersama. "Inti dari doa ini adalah menyampaikan amanat seluruh masyarakat di Riau bahwa kondisi lingkungan di Riau saat ini sudah sangat parah. Jadi, perlu segera dilakukan perbaikan terhadap itu semua," sebutnya.

Tim perjalanan XPDC 12-12 terdiri dari River Defender, Brimapala Sungkai, Telapak BT Riau, Yayasan Mitra Insani dan Gurindam12. Mereka memulai pendakian gunung yang baru ditemukan itu pada 29 Desember 2011 lalu dan baru sampai ke puncak gunung 4 Januari 2012.

Laporan: Ali Azumar | Riau, umi

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu.

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

Rasio utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2025 ditargetkan naik di kisaran 40 persen.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024