Politisi dan Menteri Pesan Mobil Kiat Esemka

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik

VIVAnews - Nama mobil rakitan siswa sekolah menengah kejuruan di Solo, Kiat Esemka, kian melejit. Sejumlah petinggi partai politik dan pejabat latah ikut memesan mobil, mulai dari Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, hingga Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono.

"Lalu, ada lagi Roy Suryo, Guruh Soekarnoputra, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, Aria Bima, dan kepala Dinas Tata Kota Jakarta (Wiryatmoko)," kata pemilik bengkel Kiat, Sukiat, kepada VIVAnews.com, Kamis 5 Januari 2012.

Selain itu, dia menambahkan, ada pemesan dari kalangan artis seperti Ginanjar dan Garin Nugroho. "Sebagian besar memesan tipe SUV," jelas Sukiat.

Selain Agung Laksono, menurut Sukiat, pemesan dari kalangan menteri adalah Syarif Hasan, Menteri Koperasi dan UKM. "Mereka memesan lewat telepon atau SMS," imbuhnya.

Tak hanya dari kalangan petinggi, Sukiat juga menerima pesanan dari masyarakat hingga ribuan. Sebagian besar pemesan itu datang dari luar Pulau Jawa dengan tipe mobil pick up.

Karena banyaknya pesanan, dia menambahkan, Ditjen Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan Nasional akan mengumpulkan semua kepala sekolah SMK se-Surakarta, Sabtu mendatang. Hal ini untuk membahas dan mengantisipasi lonjakan pemesanan.

Gaza dan Sudan Terus Dilanda Konflik, Umat Muslim Tidak Bisa Merayakan Idul Fitri Seperti Biasa

Nama mobil Kiat Esemka melambung saat dijadikan mobil dinas walikota dan wakil walikota Solo. Tindakan Walikota Solo, Joko Widodo mengganti Camry lamanya dengan Kiat Esemka berharga Rp95 juta sebagai mobil dinas, mengundang pro dan kontra. (Laporan: Fajar Sodiq | Solo, art)

Pemudik berhenti di bahu jalan tol

Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat ada 301 peristiwa kecelakaan yang terjadi selama arus mudik Lebaran 2024 di seluruh Indonesia. Kecelakaan tersebut mengakib

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024