Kemenkes Akan Beri Penghargaan Dokter Andrias

Salah satu korban penembakan di Mogadishu, Somalia
Sumber :
  • REUTERS/Feisal Omar

VIVAnews - Kementerian Kesehatan berencana akan memberi penghargaan untuk dokter Andrias Karel Melkianus Keiluhu (44), warga negara Indonesia yang  tewas ditembak orang bersenjata di Mogadishu, Somalia. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan, Ali Gufron Mukti saat menghadiri prosesi pemakaman Andrias di Jalan Kenari VII, Bintaro Sektor II, Tangerang Selatan, Jumat 6 Januari 2012.

"Tentunya sesuai dengan prosedur dan saat ini masih dalam rapat intern. Untuk penghargaan seperti apa yang akan diberikan pemerintah kepada dokter Andrias," kata Ali Gufron.

Menurut Ali Gufron, Andrias adalah seorang dokter yang memiliki jiwa pengorbanan tinggi. "Dokter Andrias adalah sosok yang memiliki komitmen yang luar biasa," ujar dia.

Sebagai seorang dokter, kata dia, Andrias lebih memilih menjadi relawan. Sebelum mengabdi di luar negeri, dia juga menjadi relawan kesehatan di daerah konflik dalam negeri, seperti Ambon dan Papua. "Dia sangat konsren dan lama menjadi relawan bidang kesehatan," katanya.

Jenazah Andrias diberangkatkan dari rumah duka ke untuk disemayamkan di Gereja GBIP Filadelfia Bintaro Sektor III pukul 11.00 WIB. Selanjutnya, jenazah Andrias akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Tampak keluarga mengiringi jenazah dengan mengenakan pita ungu. Tangis dari keluarga mengiringi peti jenazah saat dibawa menuju mobil ambulance.

Jemaat Gereja Filadelfia akan melakukan kebaktian untuk mendoakan jenazah Andrias. Mendiang dokter Andrias sendiri adalah salah seorang pengurus gereja, bidang kesehatan.

Keluarga Andrias, Igor mengatakan rencananya pada pukul 13.00 WIB, jenazah baru akan dibawa ke TPU Tanah Kusir untuk dilakukan prosesi pemakaman. "Keluarga mendiang juga akan melaksanakan ibadah pengucapan syukur pada pukul 19.30 nanti bertempat di rumah duka," katanya.

Sebelumnya, dokter yang akrab dipanggil Kace ini tewas di Mogadishu, Somalia, pada Jumat, 30 Desember 2011. Kace tewas setelah ditembak oleh seorang pria bekas pekerja organisasi internasional yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan.

Laporan: Muhammad Iyus l Tangerang, eh

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara ulang tahun adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo di Gedung Perwayangan TMII, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2024

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

Jenderal Wismoyo Arismunandar pernah menjadi komandan dari Prabowo saat masih aktif di TNI.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024