Menteri Djoko: Pesawat PNG Tak Diintimidasi

Mantan Menko Polhukam Djoko Suyanto.
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan

VIVAnews - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal (Purnawirawan) Djoko Suyanto sekali lagi menyampaikan pernyataan bahwa tidak pernah ada ancaman dari pilot tempur Indonesia atas pesawat yang ditumpangi Deputi Perdana Menteri Papua Nugini.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

Djoko menyatakan, tindakan pilot tempur Indonesia sesuai standar internasional.

"Tidak ada intimidasi terhadap pesawat Deputi Perdana Menteri PNG," kata Djoko dalam pesan tertulis yang dikirimkan ke VIVAnews. "Dan tidak ada pengusiran Duta Besar Indonesia di PNG," kata mantan Kepala Staf Angkatan Udara itu.

Lebih jauh, Djoko menerangkan, saat ini Kementerian Luar Negeri sedang mengelola masalah ini dengan Duta Besar PNG di Jakarta.

Dalam kejadian di bulan November 2011 itu, Djoko menerangkan, otoritas Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Tentara Nasional Indonesia melakukan identifikasi secara elektronik dengan radar dan identifikasi visual dengan cara intersepsi. Intersepsi ini, kata Djoko, suatu prosedur standar bagi unsur pertahanan udara di negara mana pun.

Intersepsi dilakukan karena data flight clearance yang ada di Kohanudnas berbeda dengan hasil tangkapan radar bandara mau pun radar Kohanudnas. "Oleh karena itu dilakukan intersepsi untuk identifikasi visual. Tidak ada istilah mengancam atau membahayakan karena semua under control baik radar di darat mau pun visual yang dikendalikan pilot tempur kita," kata Djoko.

Di semua negara, prosedur seperti intersepsi ini adalah standar apabila melihat ketidakcocokan data dengan yang aktual di udara. "Itulah gunanya Kohanudnas seperti halnya komando pertahanan udara di negara lain juga," kata Djoko.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Sebelumnya, Perdana Menteri Papua Nugini Peter O'Neill yang didukung parlemen, mengancam akan mengusir Duta Besar Indonesia, menyusul insiden di wilayah udara RI pada November tahun lalu. O'Neill mengaku marah atas insiden yang hampir mencelakakan Wakil PM Papua Nugini.

Seperti diberitakan oleh ABC Radio Australia, Jumat 6 Januari 2012, pada November lalu dua pesawat militer Indonesia hampir bertabrakan dengan pesawat jet yang ditumpangi wakil PM dan para pejabat senior Papua Nugini. Kala itu mereka baru pulang dari perjalanan dinas ke Malaysia. (umi)

Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024