KPK: Rekening Gendut Polisi Prioritas Kami

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Jalani Tes Urine
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kalah bersih dibanding institusi Polri dari unsur korupsi. KPK menilai banyak kerja KPK yang tidak tersorot media.

"Media lebih sering menyoroti penindakan KPK. Padahal, KPK juga melakukan kerja pencegahan," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto saat hadir dalam survei di Kantor LSI, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 8 Januari 2012.

Menurut pria yang akrab disapa BW ini, permasalahan-permasalahan yang ada di KPK ini sebagian besar warisan dari periode lalu. Meski demikian, BW tidak ingin melemparkan permasalahan ini kepada pimpinan KPK sebelumnya.

BW menegaskan ada tiga hal yang dilakukan KPK. Yakni melakukan kegiatan secara simultan, program induksi, dan merespons tuntutan luar. "Tuntutan banyak, pimpinan KPK belum baca saja sudah sering ditanya wartawan," kata BW.

Satu hal yang ditekankan BW, saat ini KPK punya prioritas pengusutan kasus. "Saya ingin memberitahukan soal rekening gendut. Rekening gendut polisi itu menjadi prioritas kami," kata BW.

Survei yang dilakukan LSI itu mengambil sample sebanyak 1.220 responden. Diperkirakan margin of error plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden diwawancara pada 8-17 Desember 2011.

Survei LSI menyebut, TNI merupakan lembaga negara yang paling bersih dari korupsi. Terbuncit adalah partai politik. Berikut hasil lengkap survei LSI:

1. TNI 57,2%
2. Presiden 51%
3. Kepolisian 39,3%
4. KPK 38,5%
5. Bank Indonesia 38,2%
6. Mahkamah Konstitusi 37,7%
7. Mahkamah Agung 34,9%
8. Badan Pemeriksa Keuangan 33,8%
9. Kejaksaan Agung 33,2%
10. Dewan Perwakilan Rakyat 31,1%
11. Partai Politik 30,2%

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit
Ilustrasi menenangkan anak tantrum

Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat

Tantrum adalah ledakan perilaku yang mencerminkan suatu respon disregulasi terhadap rasa frustasi anak sehingga anak tak mampu meregulasi rasa frustasi yang yang dialami.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024