Pesona Bawah Laut Bunaken Terancam Sirna

Sampah di Bunaken
Sumber :
  • Roger Wenas/ VIVAnews.com, Sulut

VIVAnews - Selama ini, Bunaken terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya. Keindahan terumbu karang di lautan Sulawesi Utara itu telah mendunia. Namun, semua keindahan itu terus terancam.

Menurut Direktur Pengelola Taman Nasional Bunaken, Jeffry Pasinaung, masalah sampah menjadi ancaman serius di Bunaken.

"Sampah pelastik sekarang sudah 20-30 persen, dan sekarang ditambah lagi banyak sampah seperti kayu log yang datang dari Kalimantan dan Sulawesi Tengah," kata Jeffry keada VIVAnews.com, Minggu malam, 8 Januari 2012. "Kalau begini terus kondisinya, keindahan terumbu karang cepat sirna."

Dia mendesak pemerintah, terutama pemerintah daerah, agar lebih proaktif untuk menangani sampah di laut Bunaken. "Pemerintah harus konkret, jangan hanya disaat ada ivent seperti ATF hingga membangga- banggakan Bunaken. Harus lebih cerdaslah berfikir," ujar Jeffry.

Tak hanya pemerintah, Jeffry juga berharap, seluruh masyarakat sadar akan ancaman itu. Sehingga tidak membuang sampah di lautan Bunaken.

"Ini juga sudah ada imbauan dari Kapolda untuk menindak persoalan sampah, masyarakat dan pemerintah juga harus lebih memperhatikan persoalan sampah yang menjadi dampak tidak baik untuk karang di Taman Laut Bunaken agar tetap menjadi ikon Sulawesi Utara," katanya.

Sebelumnya, saat membuka pertemuan internasional ASEAN Tourism Forum (ATF), Gubernur Sulut, Sinyo Sarundajang mengatakan Manado, khususnya Bunaken, bisa menjadi salah satu tujuan wisata ASEAN. "Dengan kekayaan alam bawah laut dapat menjadi salah satu pilihan bagi warga ASEAN sebagai tujuan wisata," kata Sarundajang.

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono

Dia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kekayaan alam itu.

Laporan: Roger Wenas l Sulawesi Utara

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara ulang tahun adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo di Gedung Perwayangan TMII, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2024

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

Setelah ditetapkan sebagai presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo dipastikan tidak akan mundur dari jabatannya saat ini selaku Menteri Pertahanan RI.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024