Aturan PNS Wajib Lapor Kekayaan Segera Keluar

Azwar Abubakar, Calon MenPAN
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnew - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN), Azwar Abu Bakar mendorong pengusutan rekening Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dinilai tidak wajar. Dia mengaku telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak untuk mengusut transaksi mencurigakan PNS itu.

"Itu kan temuan dari PPATK yang diberikan kepada jaksa dan polisi. Kita minta jaksa dan polisi untuk menindaklanjuti. Yang benar diputihkan saja kemudian diproses," ujar Azwar di Jakarta, Senin 9 Januari 2012. "Saya sudah bicara dengan kapolri agar ini diperiksa supaya jangan hanya menjadi isu-isu masyarakat saja. Kalau memang salah diproses kalau tidak ya tidak."

Selain kepada para penegak hukum, Azwar meminta Pusat Pelaporan daan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menyerahkan hasil analisis mereka kepada lembaga-lembaga yang pegawainya dicurigai memiliki transaksi mencurigakan. "Mereka sudah membuat perjanjian kerja sama, tolong diberikan ke menteri yang bersangkutan supaya menterinya bisa mengambil tindakan," katanya.

"Kalau memang ada bukti terindikasi, jangan tunggu proses hukumnya berjalan kan bisa langsung diproses, dipecat. Tidak usah tunggu proses hukum."

Dia menambahkan, kementeriannya saat ini tengah menyusun aturan yang mewajibkan PNS melaporkan keuangannya. Namun, hanya PNS tertentu yang diwajibkan melapor. "Kadang dia masih muda jabatan bendahara atau pimpinan proyek, itu bisa kita atur. Tapi tidak semua lapor ke KPK, nanti bisa penuh KPK-nya. Tidak ada yang baca," ujar politisi Partai Amanat Nasional ini.

"Kita atur mana yang harus dilaporkan ke KPK, mana yang harus dilapor ke inspektorat, mana yang harus dilapor ke atasannya, mana yang dilapor ke dirjennya, itu kita atur."

Dia berharap tahun ini peraturan itu bisa segera dikeluarkan tahun ini. Namun demikian, dia mengaku tak mudah membuat peraturan seperti ini dengan cepat. "Tidak bisa langsung keluar, kita harus hati-hati, saya sudah minta kebijakan itu untuk dirumuskan." (eh)

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024