Polisi Sita Senjata di Jalur Sumut-Aceh

ilustrasi senjata
Sumber :

VIVAnews - Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution menyatakan, pihaknya berhasil mengamankan dua senjata api di Hinai Langkat, Sumatera Utara dalam sebuah razia pada Sabtu 7 Januari 2012.

Razia tersebut dimaksudkan untuk pengamanan jalur lalu lintas di Sumatera Utara, sekaligus dalam rangka antisipasi penembakan di Aceh.

"Ditemukan dua senjata api, senjata api genggam FN dan FN Tanvoglio atas nama W, 33 tahun, alamat di Sungai Raya, Aceh Timur. Tersangka kedua SA, 39 tahun, wiraswasta alamat Darussalam Aceh Timur," jelasnya.

Berdasar penyidikan polisi, mereka mengaku membeli senjata di salah satu daerah di pinggiran Medan. Saat ini, keduanya ditahan di Polda Sumut. "DPO orang yang menjual dan memesan. Murni jual beli senjata api, belum terkait penembakan di Aceh," ujar Saud.

Ditanya tentang berapa nilai transaksi, Saud mengaku belum mengetahui. Dua orang yang tertangkap tersebut diketahui hanyalah seorang kurir. "Masih pendalaman akan dijelaskan kalau ada pengembangan lanjutan," kata Saud, menjawab soal siapa pemesan dan penjualnya.

Beberapa hari terakhir, Aceh dikejutkan dengan aksi penembakan brutal, beberapa di antaranya menyasar sejumlah pekerja dari Jawa.

Awalnya diduga aksi penembakan adalah kriminal biasa, atau terkait kecemburuan sosial warga Aceh versus pendatang.

Namun, hari ini kemungkinan lain diutarakan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto. Dia menduga, aksi penembakan terkait Pilkada Aceh.

"Kalau kemarin-kemarin kita melihat itu seolah-olah berdiri sendiri tidak ada kaitannya dengan Pilkada. Tetapi dengan adanya tindak kekerasan yang terus berlangsung, kemudian perobohan tiang listrik, ini kan mengingatkan kita kembali pada masa-masa konflik yang lalu," ujar Djoko sebelum RPTM membahas Rencana Pembagunan Jembatan Selat Sunda di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Senin, 9 Januari 2012.

Djoko menjelaskan, saat ini aparat kepolisian sedang bergerak menyelidiki berbagai peristiwa penembakan di Aceh yang mengarah ke warga pendatang.

Prakiraan BMKG: Jakarta Diguyur Hujan pada Siang hingga Malam Hari
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Rabu 11 April 2024: Virgo Tidak Merasakan Keromantisan, Sagitarius Bertemu Jodoh

Ramalan zodiak Rabu, 11 April 2024. Leo, hindari terjebak dalam perjanjian dengan kerabat. Virgo tidak merasakan keromantisan. Sagitarius akan bertemu jodoh hari ini.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024