"Jembatan Selat Sunda Tak Akan Runtuh"

Jembatan Selat Sunda
Sumber :
  • PT Bangungraha Sejahtera Mulia

VIVAnews - Pemerintah kini terus menggodok rencana pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia. Dari segala sisi, termasuk politik dan keamanan. Terkait ini, Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono menegaskan pembangunan jembatan Selat Sunda tidak boleh mengganggu Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 1 di selat tersebut.

"Pembangunan jembatan Selat Sunda harus menyesuaikan dengan persyaratan-persyaratan yang ditentukan hak dan kewajiban penggunaan ALKI," ujarnya usai RPTM membahas Rencana Pembagunan Jembatan Selat Sunda di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 9 Januari 2012.

Sementara itu, Deputi VII Bidang Komunikasi Informasi dan Aparatur Kemenko Polhukam, Bambang Soelistyo mengatakan pembangunan Jembatan Selat Sunda ditargetkan akan mulai pada 2014. Jembatan ini nantinya akan menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera. “Akan dimulai dengan penancapan tiang pancang untuk jembatan itu pada 2014,” jelasnya.

Menurut Bambang, sampai saat ini Badan Pelaksana Pembangunan Jembatan Selat Sunda belum memperoleh desain teknis jembatan. “Masih ada waktu dua tahun untuk merancang,” ungkapnya.

Bambang menjelaskan pemerintah akan melakukan perhitungan teknis dengan cermat agar kasus runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara tidak kembali terjadi. “Tidak akan runtuh. Ada perhitungan teknis yang dilakukan untuk mencegah itu,” tandasnya.

Dalam rapat koordinasi hari ini, kata Bambang, juga membahas pengembangan daerah Jawa dan Sumatera dari segi politik, hukum, dan keamanan. “Rapat ini untuk memberikan rekomendasi hukum dan keamanan untuk pembangunan jembatan Selat Sunda sebagai salah satu pengembangan daerah strategis,” tuturnya.

Menko Polhukam, Djoko Suyanto dalam proyek ini bertindak sebagai Wakil Dewan Pengarah pembangunan jembatan Selat Sunda. Sedangkan Ketua Dewan Pengarah adalah Menteri koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa.

Bambang mengungkapkan, dari rapat tersebut para pejabat bidang Polhukam mengatakan tidak menemukan masalah dalam pembangunan jembatan Selat Sunda. “Masing-masing pejabat bidang Polhukam tidak ada masalah,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Indonesia sudah mengalami tragedi soal jembatan. Jembatan Kutai Kartanegara, jembatan gantung terpanjang di negeri ini, tiba-tiba ambruk pada 26 November 2011. Tragedi ini menyebabkan korban jiwa lebih dari 24 orang. Ambruknya jembatan ini menjadi perhatian publik karena baru berusia 10 tahun. (adi)

Bikin Mewek! Ini Isi Percakapan Istri dan Babe Cabita Dua Hari Sebelum Meninggal
Pemain Bayer Leverkusen rayakan gol

Sejarah Tercipta, Xabi Alonso Bawa Bayer Leverkusen Juara Bundesliga

Bayer Leverkusen resmi menjadi juara Bundesliga 2023/2024 setelah meraih kemenangan besar atas Werder Bremen pada laga pekan ke-29. Xabi Alonso berperan besar.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024