BOS Cair Rp2,8 M, Jateng Ketatkan Pengawasan

Anak sekolah
Sumber :
  • ANTARA/ Anang Budiono

VIVAnews - Sebanyak Rp2,8 miliar dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Jawa Tengah sudah bisa dicairkan hari ini, Senin, 9 Januari hingga 16 Januari 2012.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Kunto Nugroho, dari Rp2,8 miliar dana BOS yang dikucurkan, sekitar Rp1,9 miliar di antaranya diberikan untuk SD/SD Luar Biasa.

"Dana ini meningkat, tahun lalu per tahun tingkatan SD hanya mendapat Rp400 ribu dan SMP Rp575 ribu. Sementara itu, tahun ini SD menjadi Rp580 ribu dan SMP Rp710 ribu," ucap Kunto.

Dengan meningkatnya dana BOS, dia melanjutkan, diprediksi tingkat penyimpangan juga makin meningkat. Karena itu, Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyiapkan 4 tim pengawasan yang melekat, dari eksternal, auditor, dan masyarakat.

"Memang mekanisme pencairan sudah dipangkas dari provinsi langsung ke sekolah. Namun, tidak menutup kemungkinan penyimpangan masih bisa dilakukan, terutama dalam hal penyalahgunaan anggaran. Karena itu, tim harus memberikan pengawasan ekstra ketat," kata Kunto.

Dalam evaluasi pencairan dana BOS pada 2011 masih banyak kekacauan, terutama mengenai laporan pertanggungjawaban dana BOS yang berbeda antara jumlah anggaran yang diterima dan disalurkan. (Laporan: Puspita Dewi | Semarang, art)

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks
Ilustrasi pelecehan seksual

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Pelaku yang mengaku sebagai pendeta itu diminta mengobati CH. Bukannya diobati, pelaku malah melecehkan korban di lantai dua panti asuhan di Sukolilo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024