Mobil Freeport Ditembaki dan Dibakar, 2 Tewas

Gerbang masuk Pusat Perkantoran dan Perumahan Freeport di Timika, Papua
Sumber :
  • Antara/ Spedy Paereng

VIVAnews - Kekerasan kembali di Papua, khususnya di area pertambangan PT Freeport Indonesia. Kendaraan pengawas trailer KPI LWB 01-3608  milik perusahaan tersebut ditembaki, kemudian dibakar oleh sekelompok orang tak dikenal, Senin 9 Januari sekitar pukul 09.14 WIT.

Insiden tersebut terjadi di jalan Poros Tambang mile 51. "Dari hasil penyelidikan di TKP, kendaraan Freeport ditembaki OTK (orang tak dikenal) dari sisi kanan dan kiri jalan, saat melaju dari mile 32 menuju areal tambang Tembagapura. Mobil oleng dan terguling sebelum kemudian dibakar," ujar Kombes Wachyono, juru bicara Polda Papua, ketika dikonfirmasi, Selasa 10 Januari 2012.

Dia menambahkan, dua penumpang kendaraan ditemukan tewas di tempat. "Thomas Bagenta driver mobil, luka bakar dengan posisi tertindih kendaraan. Sementara Nasyun Naboht Simopiaref ditemukan 1,5 meter dari mobil dengan luka pada leher dan pipi kanan yang diduga bekas sayatan," terangnya.

Barang bukti yang ditemukan di lokasi kejadian, dia menambahkan, adalah  tas hitam berisi pinang, tas berisi 3 selongsongan peluru kaliber 5,56 FNB 84, dua buah kaliber 5,56 TJPLN. "Di tubuh Nasyun juga ditemukan proyektil, ada kemungkinan dia juga ditembak," papar Wachyono.

Menurut Wachyono, pihaknya belum bisa menyimpulkan pelaku dan motifnya. "Kami masih lidik, yang jelas pelaku OTK," tandasnya.

Untuk jenazah Thomas, sudah diterbangkan ke Jakarta untuk kemudian di otopsi di RSCM. Sedangkan jenazah Nasyun masih berkoordinasi dengan keluarganya di Biak agar bisa diotopsi.

Sementara saksi yang sudah diperiksa terkait peristiwa ini, sudah empat orang  yakni karyawan dan security Freeport.

Laporan: Banjir Ambarita | Papua, umi

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami
Tengku Dewi

Suami Selingkuh, Tengku Dewi: Tau Diri Aja Udah Mau jadi Bapak Anak 2 Masih Begitu!

Aktor Andrew Andika dikabarkan berselingkuh dengan sejumlah wanita. Kabar ini dibongkar langsung oleh istrinya yang juga aktris Tengku Dewi Putri.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024