Menteri Pertanian: Belum Ada Wabah Flu Burung

Membakar kandang unggas, memusnahkan flu burung
Sumber :
  • Antara/ R Rekotomo

VIVAnews – Menteri Pertanian Suswono mengatakan, sejauh ini baru satu provinsi yang dinyatakan bebas flu burung, yakni Maluku Utara. Oleh sebab itu dia menginstruksikan Dirjen Peternakan dan Kesehatan di kementeriannya untuk terus memantau dan bersiaga.

“Yang penting, kami berharap masyarakat tidak segan-segan melapor. Jika ada ayam mati, segera melapor, jangan ditutup-tutupi. Apalagi jika kasusnya ada ayam mati dan (pemilik ayam) yang bersangkutan sakit, maka informasinya harus lebih cepat lagi,” ujar Suswono di Istana Negara, Jakarta, Selasa 10 Desember 2012.

Terkait temuan suspect flu burung di Jakarta Utara, Suswono mengatakan, sampai saat ini tidak ada laporan bahwa kasus itu sampai mewabah. “Sejauh ini tidak sampai wabah,” kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga tidak menerima surat peringatan wabah flu burung dari lembaga internasional di bawah PBB seperti Food and Agriculture Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO). “Secara resmi, saya belum terima surat,” terang Suswono.

Namun ia menerima dari informasi lepas, ada kekhawatiran terkait kemungkinan penyebaran virus antarmanusia. Itulah juga yang menurutnya menjadi kekhawatiran Kementerian Pertanian. “Kami terus pantau karena memang yang kami khawatirkan, ada indikasi global untuk bisa penularan antara manusia ke manusia,” kata Suswono.

Namun ia mengatakan, sejauh ini hal tersebut belum terjadi. “Belum ada. Belum valid betul bahwa arah mutasi gennya kemungkinan akan terjadi seperti itu. Jadi ini warning saja, bahwa kemungkinan bisa terjadi,” ujar Suswono lagi. Ia berharap kasus flu burung di Hong Kong tidak terjadi di Indonesia.

Sebelumnya, seorang warga Sunter yang berusia 23 tahun, PDY, diduga suspect flu burung. Ia meninggal dunia Sabtu 7 Januari 2012. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang las itu memiliki peliharaan unggas berjenis burung merpati di sekitar tempat tinggalnya.

Sejak malam tahun baru, PDY mengalami demam hingga 39 derajat Celcius. Meski panasnya sempat turun setelah diberi obat, namun ia kembali menggigil dan demam. Kondisinya lalu menurun drastis sampai tidak bisa jalan, sehingga akhirnya masuk ruang ICU isolasi. Nyawanya terlambat ditolong ketika sedang proses pindah ke rumah sakit rujukan flu burung. (eh)

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia
Verrell Bramasta.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Aktor sekaligus caleg Verrell Bramasta menilai, bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemimpin negara yang bisa mewujudkan harapan dari kalangan muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024