Mobil Esemka Patua Test Drive Perdana

Mobil rakitan SMKN 2 Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/ Tudji Martudji

VIVAnews - Mobil rakitan pelajar SMKN 2 Surabaya, Jawa Timur, hari ini menjalani test drive di lingkungan sekolah.

Hasto PDIP Sebut Ganjar-Mahfud Bakal Ketemu Megawati Pekan Depan

Dihadiri pengawas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, mobil yang diberi nama Esemka Patua menjelajahi jalanan di lingkungan sekolah.

"Kita ingin tahu hasilnya, dari kemampuan kedua mobil hasil rakitan para siswa itu," kata Kepala Sekolah SMKN 2, Bahrun Rabu, 11 Januari 2012.

Nama Patua sendiri diambil dari nama jalan, karena jalan di sekolah itu dulu bernama Jalan Patua yang sekarang berubah menjadi Jalan Tentara Genie Pelajar.

Dikatakan Bahrun, siswanya membuat dua mobil itu sebagai prototype. Selanjutnya, akan dirancang 12 unit mobil. Tipe mini truk dan SUV segera dibuat setelah hasil rakitan itu lulus uji kelayakan dan uji emisi.

Dua kendaraan itu menurutnya cocok untuk mobil pengangkut barang. Juga sangat menunjang angkutan hasil pertanian dan perikanan. "Kendaraan ini anti banjir, karena didesain lebih tinggi," urainya.

Terkait keberhasilan itu, Walikota Surabaya Tri Rismahar memberikan apresiasi kepada pelajar SMKN 2 Surabaya. Dan, untuk menunjukkan keseriusannya, Risma memberikan bantuan berupa biaya untuk uang makan siswa. Termasuk berjanji mambantu proses perizinan.

Guna menuju kesempurnaan, pihak sekolah mengatakan akan memberikan kesempatan kepada mitra industri untuk kerjasama. Termasuk mempersiapkan pengembangan mobil berbahan bakar gas itu.

Untuk mengukur ketangguhan mobil itu, pihak sekolah menjadwalkan akan mengujinya dengan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Selain untuk mengukur kebutuhan BBM-nya, juga untuk keperluan sertifikasi termasuk uji kelayakan oleh Kementerian Perhubungan.

Laporan : Tudji Martudji | Surabaya

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Momen Zara Nonton Langsung All England Sebelum Lepas Hijab, Lihat Jojo dan Fajar/Rian Juara

 Nama Camillia Laetitia Azzahra atau yang akrab dengan nama Zara, akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan lantaran keputusannya untuk melepas hijab.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024