5 Saksi Pengebom Rumah Calon Bupati Diperiksa

Ilustrasi
Sumber :

VIVAnews - Kepolisian telah memeriksa lima orang saksi terkait insiden penembakan dan pelemparan bom molotov terhadap rumah calon Bupati Kabupaten Aceh Utara, Misbahul Munir.

Hal ini dikatakan Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar dalam keterangan pers di Mabes Polri, Rabu 11 Januari 2012.

Menurutnya, polisi kini terus bekerja melakukan upaya penyelidikan dan penyidikan atas peristiwa tersebut.

"Diperiksa 5 saksi dan olah TKP. Kegiatan tim lapangan terus melakukan pengejaran. Kita harap dari saksi ada keterangan yang bagus," katanya.

Boy mengatakan, pihaknya belum mendapatkan sketsa wajah pelaku yang memberondong tembakan dan melempar molotov ke rumah Misbahul Munir.

"Dari identitas belum diketahui. Sedang dilakukan uji balistik termasuk selongsong yang ada dari tim puslabfor," ujarnya.

Boy menyatakan, pihaknya baru dapat mengambil kesimpulan bila pelaku sudah ditangkap. Sementara, kasus penembakan dan pelemparan molotov adalah tindak pidana kriminal. "Masih memerlukan penyidikan lebih lanjut," jelasnya.

Pada prinsipnya, kata Boy, polisi akan melakukan pengamanan terhadap para calon bupati, wakil maupun gubernur. Hal itu demi menjaga kestabilan keamanan.

"(Mereka) termasuk paket penjagaan keamanan termasuk KPU. Tentunya terkait penjaga pengamanan masyarakat sendiri. Harus kita upayakan terus," ujarnya.

Dia berharap kondisi di Aceh semakin kondusif setelah beberapa waktu terjadi penembakan secara brutal yang diarahkan ke warga pendatang di Aceh.

Selain itu, Polri meminta, komunikasi antara partai yang terlibat dan calon yang ikut pilkada juga terjalin dengan baik. "Kita harap masyarakat Aceh berpartisipasi secara aktif, diharapkan proses pembangunan dan demokrasi dapat berjalan baik," ucapnya.

Rumah calon Bupati Aceh Utara Misbahul Munir di Desa Kedai Krueng Kecamatan Kuta Makmur Aceh Utara, diberondong peluru dan dilempari bom molotov oleh kelompok tak dikenal pada pukul 03.45 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Gustav Leo, menyebutkan pelaku berjumlah 6 orang dan datang dengan menggunakan sepeda motor  jenis Honda Vario.

"Mereka menutup kepalanya dengan sebo warna hitam Tiga orang bertugas melempari solar dalam bungkusan plastik  dan meledakkan  molotov serta menembaki pintu rumah. Tiga lainnya memantau keadaan dari luar," kata Gustav, Selasa 10 Januari 2012.

Di lokasi kejadian ditemukan sejumlah barang bukti berupa 8 butir selongsong peluru kaliber 5,56 mm, 1 butir peluru kaliber 5,56 mm, satu botol bom molotov yang tak meledak, satu plastik berisi solar, dan pecahan proyektil peluru.

Misbahul Munir adalah Wakil Ketua DPRK Aceh Utara dari Partai Aceh yang mencalonkan dirinya sebagai Bupati Aceh Utara dari jalur independen. (eh)

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024