Naga 40 Meter Siap Ramaikan Cap Go Meh Kalbar

Imlek, Barongsai
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews – Perayaan  Cap Go Meh di Kalimantan Barat jatuh pada 6 Februari 2012 mendatang. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan Majelis Adat Budaya Tionghoa Kalimantan Barat (MABT Kalbar).

Sejumlah persiapan pelaksanaan Cap Go Meh yang akan dipusatkan di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya itu hampir rampung.

“Saat ini kami hanya tinggal menunggu izin dari Polda Kalbar,” kata Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa Kalimantan Barat ,  Harso Utomo Suwito, di Pontianak, Kamis 12 Januari 2012.

Harso menjelaskan, persoalan perizinan itu pihaknya telah melakukan konsolidasi dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui rekomendasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya. Sementara itu dari pihak Kodam XII Tanjungpura, panitia mendapat sinyal positif.

KPU Kabupaten Tangerang Buka Rekrutmen PPK dan PPS Pilkada 2024: Tersedia 967 Kuota

“Sudah secara lisan dari pihak  Kodam itu  pelaksanaan Cap Go Meh tidak ada masalah. Memang tinggal tunggu  izin dari pihak kepolisian saja, khususnya Polresta Pontianak,” kata Harso.

Naga sepanjang 40 meter itu, ujar Harso, sudah 90 persen selesai. Selain itu, Harso pun berharap persiapan lain juga selesai seminggu sebelum perayaan Imlek. “Itu naganya tinggal dipasang saja”. 

“Pemkab Kubu Raya pun  sudah  menyiapkan tarian tujuh etnis.  Wahana gerbang pun sudah siap didirikan, kita tinggal tunggu izin saja,” lanjut Harso.

Selain Naga, sambung Harso, beberapa  peminat stan kuliner pun bertambah hingga panitia harus menambah stan-stan baru. “Kami harus menambah 20 persen dari total stan kuliner tahun lalu,” ujarnya. Pedagang kaki lima yang minta untuk diikutsertakan dalam Cap Gop Meh 2012 ini.

Sementara itu,  Ketua Panitia Cap Go Meh Majelis Adat Budaya Tionghoa 2012, Tjhin Djie Sen menuturkan, antusiasme peserta juga terlihat dari lomba Perahu Hias.

“Peminat sudah banyak, bisa lebih dari 100 peserta. Tapi kami hanya batasi 65 peserta saja dan sudah terdaftar semua. Mungkin mereka mulai menghias setelah Imlek,” tutur Tjhin Djie Sen.

Ia menambahkan, pertunjukkan wayang kulit positif digelar selama enam hari berturut, pukul 23.00-05.00.

“Tema besar kami 'Persatuan adalah Kekuatan'. Karenanya kami mengimbau semua lapisan masyarakat, tanpa membeda-bedakan etnis dan agama, untuk ikut serta dalam perayaan Cap Go Meh MABT 2012. Kami harap pelaksanaan tahun ini bisa lebih lancar dan sukses,” katanya. (Laporan Aceng Mukaram | Kota Pontianak)

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya
Berburu diskon tiket pesawat internasional [dok. Dwidayatour Carnival 2024]

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Bagi para traveler yang ingin mencari paket promo perjalanan menarik ke sejumlah destinasi wisata internasional jangan ketinggalan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024