Sejak Jauh Hari Rosa Sudah Dilindungi LPSK

Mindo Rosalina Manulang
Sumber :
  • ANTARA/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Abdul Haris Semendawai menyatakan, pihaknya jauh hari sudah melakukan upaya perlindungan terhadap terpidana suap proyek Wisma Atlet SEA Games, Mindo Rosalina Manullang (Rosa). Bahkan, pengamanan itu telah dilakukan sebelum Komisi Pemberantasan Korupsi meminta.

"Jauh sebelum merasa terancam, LPSK memberi perlindungan pada Rosa," kata Haris dalam jumpa pers Catatan Awal Tahun LPSK, di Hotel Cemara, Jakarta, Jumat 13 Januari 2012.

Haris mengatakan, awalnya Rosa menolak diberikan perlindungan. Namun beberapa bulan kemudian (saat ini) yang bersangkutan mengajukan perlindungan.

"Waktu itu perlindungan yang diberikan adalah pendampingan hukum, karena sudah menjadi tersangka. Sebagai tersangka dia ada di tahanan, yang semestinya aman dari ancaman luar," ujarnya.

Haris menunjukkan dalam proses pemeriksaan Rosa, selalu hadir dari pihak LPSK yang melakukan pendampingan. "Belakangan pada bulan Januari kami mendapat surat dari KPK, dia (Rosa) di datangi orang di luar jam besuk. Oleh karenanya dia tak aman dan terancam," jelasnya.

Sebelumnya, pengacara Mindo Rosalina Manulang, Muhammad Iskandar, mengungkapkan kliennya mendapat ancaman pembunuhan. "Rosa didatangi beberapa kali oleh orang-orang yang mengancam akan membunuhnya di Rutan Pondok Bambu," ujar Iskandar kepada VIVAnews.com, Kamis, 13 Januari 2012.

Para pengancam mendatangi Rosa sejak Desember 2011 hingga Januari ini. Ancaman itu terkait dengan kasus korupsi pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang yang membelit dia bersama sejumlah orang lainnya, termasuk Nazaruddin.

"Yang saya ingat tiga kali, menjelang sidang kesaksian dia, yaitu tanggal 26 Desember 2011, 30 Desember 2011, dan 3 Januari 2012," kata Iskandar.

Saat ini, Rosa sudah ditempatkan di tempat yang aman oleh LPSK. "Sudah, kemarin. Setelah kami berkoordinasi dengan KPK, Kementerian Hukum dan HAM serta pengacara, kami sudah memindahkan Rosa ke tempat yang aman," jelas Juru Bicara LPSK, Maharani Siti Sophia dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 13 Januari 2012.

Namun, Maharani tidak mau menjelaskan secara detail waktu pemindahan Rosa dan kemana yang bersangkutan dipindahkan. "Ini biar LPSK saja yang tahu," kata dia. (eh)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024