Mobil Bimasakti UGM Siap Berlaga di Jepang

Mobil Bimasakti UGM
Sumber :
  • Mobil Bimasakti UGM

VIVAnews - Mobil formula Bimasakti Universitas Gadjah Mada kembali akan mengikuti kompetisi the 10th Student Formula SAE Competition of Japan pada 3-7 September 2012, di Aino, Shizuoka, Jepang.

Keikutsertaan tim Bimasakti UGM yang kedua kalinya dalam kompetisi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide baru dalam penciptaan mobil formula. Kompetisi ini tahun lalu diikuti 86 tim lain dari Jepang, Australia, Thailand, China, India, Korea, dan Pakistan.

Untuk menambah kemampuan mobil formula, tim Bimasakti telah melakukan berbagai modifikasi terhadap mobil hasil rancangannya. Salah satunya menambah kapasitas mesin dari sebelumnya 322 cc menjadi 600 cc.

“Minimal kapasitas mesin bisa menyamai tim negara lain,” kata ketua tim Bimasakti, Akmal Irfan Majid, di Kampus UGM, Yogyakarta, Jumat, 13 Januari 2012.

Menurut dia, tim Bimasakti yang beranggotakan 23 orang terdiri atas 12 orang tim inti, 5 tim ahli, dan 6 orang sebagai tim pendukung ini juga melakukan penambahan hasil rancangan dan performa kendaraan. Terutama untuk desain rangka, sistem kopling, dan persneling.

“Ada modifikasi yang lebih baik, karena kami belajar dari pengalaman dalam keikutsertaan yang lalu,” paparnya.

Dekan Fakultas Teknik UGM, Tumiran, mengatakan, keikutsertaan mobil formula Bimasakti UGM dalam kompetisi ini diharapkan semakin menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam mendukung kemajuan dunia otomotif di masa depan.

Terhadap dukungan bantuan mesin dari PT Federal Karyatama dalam keikutsertaan tim Bimasakti pada rencana kompetisi ini diapresiasi oleh Tumiran. Bahkan, ia berharap dukungan juga dari stakeholder lain untuk mendorong semangat mahasiswa agar lebih siap berkompetisi di tingkat internasional.

“Saya kira bantuan ini bukan mencerdaskan dosen, tapi anak-anak bangsa untuk semangat berkompetisi di negara maju,” ujarnya.

Direktur Pemasaran PT Federal Karyatama, Rudy Hartono Husada mengatakan, bantuan mesin bisa menambah semangat tim Bimasakti untuk berlomba. Dia menjelaskan, bantuan mesin berupa engine-set Honda CBR 600 RR. Mesin dengan spesifikasi 4-stroke engine, transverse 4-cylinder dengan maksimum torque 66 Nm pada 11.250 rpm dan maksimum power 118 hp pada 13.500 rpm. (Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta, art)

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Gelar Rakornas Pilkada, PAN Harap Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024