Cuaca Buruk, Kapal Feri Gagal Sandar di Merak

Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • VIVAnews/Nicolaus Tomy Kurniawan

VIVAnews - Cuaca buruk yang melanda Perairan Selat Sunda menyebabkan kapal feri yang melayani penyeberangan Jawa-Sumatera gagal bersandar di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Dari lima dermaga yang ada, hanya tiga yang dioperasikan.

"Dermaga 4 dan 5 tidak kita operasikan dalam  kondisi cuaca seperti ini. Itu menjadi salah satu faktor terjadinya antrean, banyak kapal gagal sandar di dermaga tersebut," ujar Pelaksana Harian Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Didi Yuliansyah, Sabtu 14 Januari 2012.

Tidak dioperasikannya dermaga 4 dan 5 itu karena lokasinya berhadapan langsung dengan laut lepas. Biasanya, kedua dermaga ini digunakan untuk bongkar muat kendaraan truk angkutan barang.

Kondisi ini menyebabkan antrean kendaraan truk angkutan barang. Antrean kendaraan sudah berlangsung selama empat hari, selain memadati areal parkir di dalam pelabuhan, saat ini antrean sudah mengular hingga ke dalam tol Tangerang-Merak di KM 96.

Didi menambahkan, untuk mengurai antrean ini, pihaknya menyiapkan 23 unit kapal roll on roll off (Roro). Selain itu, Didi meminta maaf kepada semua pengguna jasa penyeberangan atas ketidaknyamanan ini.

Pantauan VIVAnews memasuki hari ke empat, selain memadati areal parkir pelabuhan ribuan truk yang akan menyeberang ke Sumatera harus antre di Cikuasa Atas dan di dalam tol Tangerang-Merak. Panjang antrean di luar pelabuhan mencapai 7 kilometer. (ren)

Laporan: Saputra l Cilegon.

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan
Gerhana Matahari.

Gerhana Matahari Bisa 'Mengocok' Emosi Manusia sampai Mewek

Menurut NASA, jangan heran jika Anda atau seseorang di sekitar akan menangis ketika menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024