Rosa: Nazar Bilang Menang, Harus Menang

Mindo Rosalina Manulang Bersaksi di Sidang Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Eks anak buah Nazaruddin di PT Anak Negeri, Mindo Rosalina Manulang, mengungkapkan, bahwa untuk mendapatkan proyek, Muhammad Nazaruddin menyebarkan marketing PT Permai Grup ke kementerian-kementerian untuk mendapatkan jatah proyek.

"Jadi marketing kami ada 30 orang. Dalam rapat itu Bapak (Nazaruddin) mencontohkan untuk pendidikan yang menangani Gerhana. Saya sendiri menangani Angkasa Pura, BUMN, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," kata Rosa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin, 16 Januari 2012

Tak hanya itu, untuk memenangkan suatu perusahaan dalam proyek yang ditenderkan, Rosa mengungkap lima kali sudah Nazaruddin berhasil melobi Kementerian hingga DPR untuk memenangkan perusahaan tertentu. "Kalau Pak Nazar bilang menang ya harus menang," ujar Rosa.

Menurut Rosa dari hasil lobi Nazaruddin, biasanya eks bendahara umum Partai Demokrat itu memperoleh fee berkisar 5 hingga 13 persen dari total nilai proyek.  Kemudian uang fee yang diperoleh Nazaruddin dari proyek-proyek itu dimasukkan ke dalam kas perusahaan Grup Permai.

Rosa menambahkan, lima proyek yang dikerjakan PT DGI melalui jasa Nazarudin, yakni proyek pembangunan rumah sakit pendidikan di Universitas Udayana, pembangunan rumah sakit pendidikan di Mataram, gedung diklat perhubungan, badan diklat Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, dan pembangunan Rumah Sakit Adam Malik. Dua dari lima proyek itu, dikerjakan PT Duta Graha Indah.

"Rumah sakit pendidikan Mataram, Duta Graha, fee-nya standar, 13 persen, rumah sakit pendidikan Universitas Udayana, PT DGI, fee sama
juga, 13 persen, perhubungan. Diklat, karena itu sekolah, fee 5 persen, PIP Semarang, badan diklat, 5 persen. Rumah Sakit Adam Malik, 5 persen juga," imbuh Rosa.

Sementara, Nazaruddin mengatakan, pada 2007 ia memang terlibat di PT Anugerah Nusantara, namun ia membantah pernyataan Yulianis.

"Keterangan saksi salah, setelah 2009 bulan 6 (Juni) saya tidak ada urusan dan subtansi perusahaan sebagaimana saksi ungkapkan," kata dia. (umi)

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran
Kabah di Mekah, Arab Saudi.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Warga Iran mulai menunaikan ibadah haji sejak Teheran dan Riyadh menyetujui kesepakatan yang ditengahi Tiongkok tahun lalu untuk memulihkan hubungan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024