Masih Ada 46 Kasus Serupa Mesuji

Wakil Menkumham Denny Indrayana Bertemu 3 Perusahaan
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta kasus Mesuji, Mas Ahmad Santosa mengungkapkan bahwa masih terdapat 46 kasus yang serupa dengan kasus Mesuji.

"Kapolda Sumsel mengidentifikasi ada sekitar 46 kasus serupa yang bila tidak ditangani dengan baik maka berpotensi serupa dengan kasus Mesuji," ungkapnya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 16 Januari 2012.

Selain itu, TGPF juga mengungkapkan bahwa masih ada lima kasus yang serupa dengan kasus yang melibatkan PT SWA. Ditambahkan Mas Ahmad, Kapolres Kayu Agung telah mengirimkan surat atau laporan kepada Bupati Ogan Komering Ilir yang menyebutkan ada lima kasus yang serupa dengan kasus yang terlibat PT SWA.

"Lima kasus itu yang punya potensi yang kurang lebih bila tidak ditangani dengan baik akan berpotensi serupa," kata dia.

TGPF juga mengapresiasi langkah Bupati Ogan Komering Ilir telah mengeluarkan surat edaran yang melarang camat mengeluarkan Surat Ketetapan Tanah baru, untuk mencegah adanya suatu komplikasi di dalam pelaksanaan di lapangan.

Sementara itu, Menko Polhukam Djoko Suyanto mengatakan bahwa ada banyak kelompok masyarakat yang datang ke Mesuji yang sebenarnya bukan berasal dari wilayah itu.

"KTP-nya berasal dari luar Lampung. Masyarakat-masyarakat pendatang seperti itu banyak," tuturnya.

Karena itu konflik-konflik seperti kasus Mesuji atau konflik lain harus dicegah agar tidak ada korban yang meninggal.

Ditambahkan, Ketua TGPF Denny Indrayana, terkait jumlah tersangka bertambah atau tidak sedang menunggu bukti-bukti yang sedang dikumpulkan oleh petugas kepolisian.

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 harus lebih awal, karena jumlah pemudik tahun ini men

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024