Jero Wacik: Negara Ini Tak Pakai Autopilot

Negeri Auto Pilot
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Dewan Pembina Partai Demokrat, yang juga menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral, Jero Wacik, menegaskan bahwa Indonesia bukanlah negara yang dijalankan ala autopilot.

"Presiden SBY onboard, menteri-menteri onboard, nggak usah khawatir. Kami akan jalan terus," kata Menteri ESDM Jero Wacik, dalam Inspiring Talk, Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) bertema 'Kebijakan Pemanfaatan Gas Bumi Terkait Pengendalian Subsidi BBM', di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa, 17 Januari 2012.

Pernyataan ini menanggapi beberapa spanduk milik pendemo yang bertuliskan 'Negeri AutoPilot," beberapa waktu lalu di Jakarta. Dia mempertanyakan orang yang menggunakan istilah autopilot itu paham atau tidak dengan istilah tersebut. Sebab, Wacik menegaskan, Indonesia adalah negara yang berhasil, bukan negara gagal.

"Indikator negara gagal itu ada jam malam, keluar malam takut, mau main golf nggak boleh. Di sini saya mau main golf nggak bisa karena penuh. Anda ke mall, penuh, tandanya ekonomi berkembang. Kok dibilang gagal," ungkapnya.

Mungkin karena tidak berhasil dengan provokasi negara gagal, imbuhnya, maka istilah autopilot dimunculkan yang artinya pesawat tidak menggunakan pilot tetap bisa terbang.

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

"Itu salah. Pesawat yang sudah terbang, arah sudah benar, cuaca oke, navigasi oke, kalau sudah semua oke, di sebelah kiri ada co pilot, di belakang ada teknisi. Kalau di negara ini hanya ada menteri ESDM, baru pakai autopilot karena pilotnya ke toilet sebentar tapi semua terkendali oleh pilot," ujarnya.

Kemudian, Jero menjelaskan, bahwa dia akan menginformasikan kepada penumpang dalam hal ini adalah masyarakat yaitu kondisi aman terkendali. "Saya mau katakan pak SBY pilot ontop. Anda semua nggak usah khawatir. Saya punya keyakinan dalam tiga tahun banyak yang bisa kita lakukan," kata dia.

Nathan Tjoe-A-On

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

PSSI sedang berusaha mendapatkan izin dari SC Heerenven agar mau kembali melepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di babak perempat final.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024