KPK: Rosa Tak Bisa jadi Justice Collaborator

Mindo Rosalina Manulang Bersaksi di Sidang Nazaruddin
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi keberanian Mindo Rosalina Manulang untuk memberikan keterangan sebagai saksi dalam persidangan terdakwa suap pembangunan wisma atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin.

"Saya mau menyatakan apresiasi keberanian Rosa," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di kantor KPK, Jakarta, Selasa, 17 Januari 2012.

Menurut Bambang, apresiasi ini diberikan karean sebelum bersaksi di pengadilan, Rosa mengaku menerima ancaman dan intimidasi dari pihak-pihak yang meminta agar Rosa memberikan keterangan yang bertentangan dengan apa yang diketahuinya.

KPK, kata Bambang, berkepentingan terhadap keselamatan dan keleluasaan saksi dan terdakwa untuk menjelaskan apa yang sesungguhnya terjadi. "Penyidik KPK menunjukkan betul bentuk intimidasi itu, makanya kemudian beberapa hari lalu ada dorongan untuk teleconference," ujar Bambang. "Itu maksudnya untuk memberi keluasaan, tidak ada tekanan, tidak ada rekayasa. Saya ingin menegaskan itu saja," ucapnya.

Meski demikian, KPK tidak dapat menjadikan Rosa sebagai Justice Collaborator yang sudah berstatus sebagai tersangka dalam kasus ini. Sebab, undang-undang KPK mensyaratkan seseorang bisa dikategorikan sebagai Justice Collaborator dan bisa memperoleh reward apabila statusnya belum menjadi narapidana. Bambang mencontohkan seperti Agus Condro yang membeberkan kasus cek pelawat jauh sebelum ditetapkan sebagai tersangka.

"Sama kayak Agus Condro nanti kalau sudah jadi napi dapat reward, tapi Justice Collaborator itu orang yang melakukan kejahatan membongkar kejahatannya sendiri, tapi dalam posisi suspect (tersangka)," ungkapnya. (hp). 

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang
Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024